ADVERTORIAL

Kesbangpol Banda Aceh Targetkan Semua Gampong Menjadi Bersinar

×

Kesbangpol Banda Aceh Targetkan Semua Gampong Menjadi Bersinar

Sebarkan artikel ini
Kaban Kesbangpol Kota Banda Aceh Heru Triwijanarko SSos MSi didampingi Sekretaris Yustanidar dan Kabid. Ketahanan Ekonomi, Sosbud dan Ormas M. Nasir menerima kunjungan dari kepala BNN Kota Banda Aceh Kombespol Zahrul Bawadi SH.,MM yang didampingi Kasubbag Umum Haslinda Saleh S.ST.,MKM dsn Penyidik BNN Ridha Firdaus SH, Kamis (16/5/2024). FOTO/DOK KESBANGPOL BANDA ACEH Kaban Kesbangpol Kota Banda Aceh Heru Triwijanarko SSos MSi didampingi Sekretaris Yustanidar dan Kabid. Ketahanan Ekonomi, Sosbud dan Ormas M. Nasir menerima kunjungan dari kepala BNN Kota Banda Aceh Kombespol Zahrul Bawadi SH.,MM yang didampingi Kasubbag Umum Haslinda Saleh S.ST.,MKM dsn Penyidik BNN Ridha Firdaus SH [FOTO/DOK KESBANGPOL BANDA ACEH]
Kaban Kesbangpol Kota Banda Aceh Heru Triwijanarko SSos MSi didampingi Sekretaris Yustanidar dan Kabid. Ketahanan Ekonomi, Sosbud dan Ormas M. Nasir menerima kunjungan dari kepala BNN Kota Banda Aceh Kombespol Zahrul Bawadi SH.,MM yang didampingi Kasubbag Umum Haslinda Saleh S.ST.,MKM dsn Penyidik BNN Ridha Firdaus SH [FOTO/DOK KESBANGPOL BANDA ACEH]

Habanusantara.net – Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mendukung penuh pembentukan gampong bebas narkoba (bersinar) guna memberantas peredaran narkoba di wilayah tersebut. Menurut Kabankesbangpol Banda Aceh, Heru Triwijanarko, program ini bertujuan untuk pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan serta peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba).

“Sampai saat ini, Pemko Banda Aceh terus memiliki komitmen yang tinggi untuk memberantas narkoba yang beredar di Banda Aceh. Kita tahu, narkoba sangat mengancam jiwa generasi muda kita yang labil, maka itu butuh perhatian khusus termasuk dari keluarga,” kata Heru di Banda Aceh.

Sejak tahun 2021 hingga 2024, total gampong bersinar di Banda Aceh sudah mencapai 19 gampong. Heru berharap gampong lainnya segera bersiap untuk menjadi gampong bersinar sebagai langkah pasti untuk memberantas narkoba. “Mudah-mudahan terus bertambah, kita targetkan semua gampong di Banda Aceh menjadi gampong bersinar,” ujarnya.

Heru juga menekankan perlunya sinergi antara pemerintah kota, gampong, aparat penegak hukum, dan masyarakat untuk mencegah dan memberantas peredaran narkoba. “Sinergisitas ini yang terus kita bangun, karena butuh kesadaran masyarakat juga untuk memberantas narkoba ini. Jangan sampai narkoba menyentuh generasi muda yang menjadi pemegang estafet pembangunan Kota Banda Aceh,” sebutnya.

Ia berharap pemerintah gampong dan seluruh pihak dapat bekerja lebih efektif dan memiliki komitmen yang tinggi serta tanggung jawab dalam mengantisipasi penyalahgunaan narkoba. “Harapannya ke depan, seluruh aparatur gampong memiliki komitmen yang tinggi untuk melaksanakan program ini. Kepada semua pihak, mari berkolaborasi untuk menyelamatkan generasi kita dari penyalahgunaan narkoba,” tutur Heru.

Heru juga menekankan pentingnya penguatan ketahanan keluarga dalam P4GN. Menurutnya, keterlibatan orang tua sangat penting untuk membentengi anak-anak mereka dari pengaruh lingkungan negatif dan penyalahgunaan narkotika. “Pertama dari orang tua, ini penting harus dijaga. Kalau di sekolah tanggung jawab sekolah, kalau di rumah orang tua. Antara orang tua dan sekolah harus memberikan gambaran bahaya penyalahgunaan narkoba kepada anak-anak,” urainya.

Program gampong bersinar bukan hanya sebagai bentuk pencegahan narkoba di masyarakat, tetapi juga sebagai sarana untuk membantu mereka yang telah menyalahgunakan narkotika agar bisa kembali ke jalan yang benar. “Tujuan gampong bersinar adalah membantu masyarakat paham dan mampu menangkal segala bentuk penyalahgunaan narkoba,” tegasnya.

Heru juga mengingatkan bahwa kondisi narkoba di Aceh saat ini sangat memprihatinkan dan menyatakan bahwa peran keluarga sangat penting dalam pencegahan narkoba. “Saat ini peran keluarga sangat penting dalam pencegahan narkoba, terutama ibu-ibu di rumah agar membentengi keluarga sejak dini,” katanya.

Menurutnya, perlu adanya kerja sama yang baik dalam perang melawan narkoba. BNN tidak bisa sendirian dalam Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), namun butuh peran aktif semua stakeholder. “Ini kerja sama dan kerja bersama untuk menciptakan gampong yang bersinar,” pungkas Heru. [Adv]

Berikut adalah 19 Gampong Bersinar di Kota Banda Aceh:

Tahun 2021:

  1. Gampong Peunayong
  2. Gampong Pineung
  3. Gampong Lampalo
  4. Gampong Geuce Meunara
  5. Gampong Mulia
  6. Gampong Ceurih
  7. Gampong Beurawe

Tahun 2022:

  1. Gampong Lampulo
  2. Gampong Lamdingin
  3. Gampong Merduati
  4. Gampong Pango Deah
  5. Gampong Pande
  6. Gampong Penyerat

Tahun 2023:

  1. Gampong Deah Glumpang
  2. Gampong Peulanggahan
  3. Gampong Peuniti

Tahun 2024:

  1. Gampong Mibo
  2. Gampong Lampeuot
  3. Gampong Geuce Inem
Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: