Olahraga

Prediksi Skuad Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2024

×

Prediksi Skuad Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2024

Sebarkan artikel ini
Timnas Indonesia. Foto: PSSI

Habanusantara.net -Piala AFF 2024 semakin mendekat, dan semua mata tertuju pada prediksi skuad Timnas Indonesia. Dengan gelombang pemain naturalisasi yang mengalir deras dalam beberapa tahun terakhir, harapan untuk prestasi gemilang semakin menguat.

Pada edisi sebelumnya, Timnas Indonesia telah memperkuat barisan dengan kehadiran Jordi Amat, Marc Klok, dan Ilija Spasojevic. Namun, perubahan tidak berhenti di situ. Gelombang naturalisasi terus mengalir, membawa pemain-pemain berkualitas seperti Sandy Walsh, Shayne Pattynama, hingga Maarten Paes.

Dengan kehadiran mereka, Timnas Indonesia menorehkan prestasi cemerlang, bahkan melaju ke babak 16 besar Piala Asia dan tampil impresif di Piala Asia U-23. Namun, tantangan sebenarnya baru dimulai di Piala AFF, sebuah ajang yang belum pernah dimenangkan oleh Indonesia sejak 1996.

Meski Indonesia seringkali mencapai babak final, namun selalu harus puas sebagai runner up. Dengan sejarah yang belum memihak, PSSI di bawah kepemimpinan Erick Thohir memiliki motivasi besar untuk memutus kutukan tersebut.

Tapi, ada satu masalah besar: waktu. Piala AFF akan digelar dari 23 November hingga 21 Desember, sementara beberapa pemain masih terikat dengan agenda klub di luar negeri, terutama yang bermain di Liga Belanda.

Pemanggilan pemain menjadi tantangan tersendiri, terutama karena jadwal FIFA Matchday yang bertepatan dengan Piala AFF. Pemain-pemain yang berkiprah di luar negeri baru bisa bergabung setelah tanggal 21 November, meninggalkan waktu yang sangat sempit untuk beradaptasi dengan skuad.

Opsi terbaik mungkin adalah meminta izin untuk bergabung di babak akhir turnamen, namun hal ini juga berisiko. Timnas Indonesia berpotensi kekurangan materi pemain di fase grup jika banyak pemain baru bisa bergabung di babak akhir.

Dalam situasi ini, opsi terbaik mungkin memanggil pemain yang bermain di Liga 1 dan melobi pemain luar negeri yang berpotensi dapat ikut di luar jadwal FIFA. Meski demikian, perubahan signifikan dalam skuad Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2024 bisa diantisipasi.

Semua mata kini tertuju pada keputusan PSSI dan strategi Timnas Indonesia. Apakah mereka mampu mengatasi kendala ini dan membawa Garuda terbang tinggi di Piala AFF 2024? Kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: