HeadlineInternasional

Pemerintah Mau Ganti LPG dengan Ini, Siap-siap

×

Pemerintah Mau Ganti LPG dengan Ini, Siap-siap

Sebarkan artikel ini
Gas LPG
Gas LPG

Habanusantara.net, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana menggantikan penggunaan Liquefied Petroleum Gas (LPG) dengan jaringan gas (jargas) rumah tangga.

Inisiatif ini tidak hanya bertujuan untuk mengurangi ketergantungan impor LPG tetapi juga untuk mendukung target Net Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060.

Menteri ESDM, Arifin Tasrif, mengungkapkan bahwa proyek jargas dapat secara signifikan mengurangi impor LPG. “Jargas itu bisa gantiin impor LPG.

Kalau enggak, kan, makanya devisa kita habis semua. Sedangkan, kan, kita produksi gasnya akan banyak,” ujar Arifin dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (26/5/2024).

Arifin menambahkan bahwa saat ini pemerintah tengah mendorong pembangunan infrastruktur gas yang terintegrasi. Infrastruktur ini akan memfasilitasi penyaluran gas dari sumber hingga ke penerima di seluruh Indonesia, baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun industri.

“Kita juga sedang berupaya, kan, membangun lagi infrastruktur gas supaya memang bisa dimanfaatkan. Pak Presiden, kan, bilang ini jalur utamanya, cabangnya di mana, sama gas juga gitu. Nanti juga bisa jadi jargas itu,” tambahnya.

Dorongan Infrastruktur Gas Terintegrasi

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, menjelaskan bahwa gas bumi menjadi salah satu sumber energi utama dalam era transisi energi. Gas bumi dinilai lebih ramah lingkungan dibandingkan batu bara, sehingga sangat mendukung pencapaian target NZE pada tahun 2060.

“Gas pun akan kita sambungkan, Alhamdulilah memang secara waktu ini pas kita sekarang banyak menemukan gas yang baru, ladang gas yang baru. Jadi, gas secara emisi juga jauh lebih baik dibandingkan batu bara,” ungkap Dadan dalam acara Rembuk Nasional Transisi Energi di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: