Headline

Disdikbud Banda Aceh Gelar Audisi Gita Bahana Nusantara

×

Disdikbud Banda Aceh Gelar Audisi Gita Bahana Nusantara

Sebarkan artikel ini
#image_title

Habanusantara.net- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Banda Aceh gelar Audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) tahun 2024, yang berlangsung pada 27-28 Mei 2024 di Aula Tekkomdik, Banda Aceh.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh Ir. Sulaiman Bakri yang diwakili oleh Sekretaris Dinas T. Erwin Irhas, S.P., M.Si.

Audisi GBN 2024 bertujuan untuk menjaring talenta muda berbakat di bidang seni suara dan paduan suara, serta meningkatkan karakter bangsa melalui seni dan budaya.

“Audisi ini merupakan salah satu upaya Disdikbud Banda Aceh untuk meningkatkan minat dan bakat generasi muda di bidang seni,” ujar T. Erwin Irhas dalam sambutannya.

Ia menambahkan bahwa kegiatan ini juga menjadi wadah untuk memperkuat identitas budaya Aceh di tengah arus globalisasi.

“Melalui kegiatan ini, kita ingin memastikan bahwa seni dan budaya Aceh terus hidup dan berkembang, serta dikenal luas oleh masyarakat Indonesia,” jelasnya.

Erwin juga berharap audisi ini dapat berlangsung dengan baik dan menarik minat lebih banyak generasi muda Kota Banda Aceh.

Lebih lanjut, ia menekankan pentingnya dukungan berkelanjutan bagi para peserta yang berhasil lolos ke jenjang berikutnya.

“Anak-anak yang ikut audisi ini bukan hanya dinilai, tapi menjadi PR untuk dilanjutkan dan mohon perhatian,” tambahnya.

Gita Bahana Nusantara tidak sekadar ajang kompetisi, tetapi juga wadah untuk membangun karakter dan identitas budaya yang kuat di kalangan generasi muda.

Dengan partisipasi aktif semua pihak dan komitmen untuk terus mendukung dan mengembangkan potensi seni di Banda Aceh, diharapkan kegiatan ini dapat melahirkan seniman-seniman berbakat yang siap membawa nama Aceh ke tingkat nasional dan internasional.

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga Kepala Bidang Budaya Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh, Drs. Husni Alamsyah, mengatakan bahwa audisi yang berlangsung dari tanggal 27 hingga 28 Mei ini diikuti oleh 20 peserta dari berbagai kecamatan di Banda Aceh.

Para peserta yang berusia antara 16 hingga 23 tahun ini akan menunjukkan bakat terbaik mereka dalam satu cabang lomba dengan empat jenis suara: Sopran (suara tinggi wanita), Alto (suara rendah wanita), Tenor (suara tinggi pria), dan Bass (suara rendah pria).

Proses seleksi audisi GBN dilakukan secara ketat oleh tim juri yang kompeten di bidangnya.

Para peserta akan dinilai berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan, dengan fokus pada kemampuan vokal, interpretasi lagu, dan penampilan panggung.

Pada tanggal 30 Mei, pemenang yang terpilih akan diumumkan dan akan mewakili Banda Aceh untuk mengikuti audisi di tingkat provinsi Aceh yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-18 Juli 2024.

“Harapan kami, talenta-talenta muda Aceh dapat bersinar di kancah nasional, bahkan internasional,” kata Husni[Is]

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: