NasionalNews

Mengejutkan! Kepala Otorita IKN Mundur

×

Mengejutkan! Kepala Otorita IKN Mundur

Sebarkan artikel ini

Menyisakan Misteri Sebelum Peringatan HUT RI ke-79

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono. Foto: Suara.com

Habanusantara.net – Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Bambang Susantono, mengundurkan diri dari jabatannya hanya dua bulan sebelum rencana Presiden Jokowi untuk menggelar upacara peringatan HUT RI ke-79 di IKN.

Keputusan mengejutkan ini diumumkan oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, di Kantor Presiden, Senin 3 Juni 2024. “Pak Presiden menerima surat pengunduran diri dari Bapak Bambang Susantono dari Kepala OIKN,” ungkap Pratikno.

Tidak hanya Bambang, Wakil Kepala OIKN, Dhony Rahajoe, juga mengundurkan diri bersamaan dengan Bambang. Bahkan, Dhony telah mengajukan pengunduran diri lebih dulu sebelum Bambang Susantono.

Bambang Susantono dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala OIKN pada Maret 2022. Namun, kepergiannya meninggalkan banyak pertanyaan, terutama mengingat sejumlah figur terkemuka seperti Ahok, Bambang Brodjonegoro, Tumiyono, Azwar Anas, dan Ridwan Kamil yang sebelumnya menjadi sorotan publik dalam seleksi Kepala Otorita IKN Nusantara.

Bambang bukanlah sosok baru di dunia pemerintahan, telah memiliki sejarah panjang sejak era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Lulusan Institut Teknologi Bandung dengan gelar sarjana dan University of California dengan gelar magister dan doktor, Bambang telah menduduki berbagai jabatan penting di pemerintahan, termasuk Deputi Menteri Koordinator Perekonomian Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah.

Selain berkiprah di pemerintahan, Bambang juga aktif dalam dunia akademis dan organisasi. Sebelum bergabung dengan Otorita IKN, ia telah mengabdi sebagai Wakil Menteri Perhubungan dan menjadi komisaris di perusahaan besar seperti PT Garuda Indonesia Tbk.

Setelah selesai membantu pemerintahan, Bambang bergabung dengan Asian Development Bank pada 2015, menjabat sebagai Wakil Presiden untuk Manajemen Pengetahuan dan Pembangunan Berkelanjutan. Namun, alasan di balik keputusannya untuk mundur dari jabatan Kepala OIKN saat ini masih menjadi misteri.

Kehadiran Bambang dalam proses pembangunan IKN telah banyak ditunggu, namun dengan pengunduran dirinya, proyek ini kini harus menghadapi tantangan baru. Apa yang melatarbelakangi keputusan mendadak ini dan bagaimana dampaknya terhadap masa depan IKN, masih menjadi pertanyaan besar yang belum terjawab.

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: