EkbisHeadline

Mahkamah Agung RI Gandeng BSI Sosialisasi Virtual Account Untuk Bayar Biaya Perkara

×

Mahkamah Agung RI Gandeng BSI Sosialisasi Virtual Account Untuk Bayar Biaya Perkara

Sebarkan artikel ini
Mahkamah Agung RI bersama BSI Aceh saat Sosialisasi Virtual Account Untuk Bayar Biaya Perkara di Kyriad Muraya Hotel, Banda Aceh

Habanusantara .net, – Mahkamah Agung Republik Indonesia (RI) terus berinovasi dengan memperkenalkan penggunaan virtual account(VA) sebagai metode pembayaran biaya perkara, sebagai bagian dari kebijakan modernisasi manajemen perkara. Panitera Mahkamah Agung RI, Dr H Ridwan Mansyur, SH MH, bersama Sekretaris Kepaniteraan MA RI, Dr Iyus Suryana, SH, MH, memimpin acara sosialisasi ini, yang diselenggarakan di Hotel Kyriad Banda Aceh pada Senin, 27 November 2023.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah Hakim Tinggi, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Mahkamah Syariah, Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara, Ketua Mahkamah Militer, serta para Panitera, Panitera Muda, dan Panitera Pengganti di wilayah hukum Provinsi Aceh dan Provinsi Sumatera Utara.

Sosialisasi ini merupakan hasil kerjasama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI), yang juga merupakan langkah positif dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk mempermudah dan memodernisasi manajemen perkara di lingkungan Mahkamah Agung RI.

Wisnu Sunandar, CEO Regional BSI Aceh, menyampaikan rasa terima kasih atas kerjasama ini.

“BSI sebagai market leader di Aceh sangat bersyukur bisa bekerja sama dengan Mahkamah Agung dalam penggunaan virtual account untuk pembayaran biaya perkara.

Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan, termasuk penambahan jumlah ATM di Aceh untuk memberikan kemudahan kepada para nasabah, termasuk warga pengadilan di Aceh,” ungkap Wisnu.

Dalam sambutan dan arahannya, Panitera Mahkamah Agung, Dr Ridwan Mansyur, menekankan pentingnya penggunaan virtual account sebagai langkah maju dalam manajemen perkara.

“Mahkamah Agung tidak pernah menolak perkembangan teknologi informasi. Sebaliknya, kita harus mengadopsi kemajuan IT agar penanganan perkara menjadi lebih mudah, efektif, dan efisien,” ujar Dr Ridwan Mansyur.

Lebih lanjut, Dr Ridwan Mansyur menyatakan bahwa penerapan teknologi informasi di Mahkamah Agung RI bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih sederhana dan tepat kepada masyarakat pencari keadilan.

“Dengan wilayah nusantara yang begitu luas dan penduduk yang tersebar di ribuan pulau, penerapan IT menjadi sangat penting untuk meningkatkan kemudahan akses keadilan bagi masyarakat,” tambahnya.

Penggunaan virtual account diharapkan dapat mengoptimalkan proses pembayaran biaya perkara, mengurangi biaya operasional, dan meningkatkan efisiensi penanganan perkara di Mahkamah Agung RI.

Upaya ini sejalan dengan semangat inovasi dan pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas layanan di sektor peradilan.[]

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close