Ekbis

LKS di Aceh Komit Sukseskan PON Aceh-Sumut, Mulai dari Jaringan Hingga Agen

×

LKS di Aceh Komit Sukseskan PON Aceh-Sumut, Mulai dari Jaringan Hingga Agen

Sebarkan artikel ini
Asisten Perekonomian Dan Pembangunan Sekda Aceh Ir Mawardi Selaku Sekretaris Komite Daerah Ekonomi Dan Keuangan Syariah kdeks Aceh Menghadiri Focus Grup Discussion Kesiapan Lembaga Keuangan Syariah Dalam Menghadapi Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional pon Xxi Aceh sumut 2024 Di Aula Hotel Rasamala Kamis 16 November 2023 sore
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Aceh Ir Mawardi, selaku Sekretaris Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Aceh, menghadiri Focus Grup Discussion Kesiapan Lembaga Keuangan Syariah dalam Menghadapi Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, di Aula Hotel Rasamala, Kamis , 16 November 2023 ,sore.

Habanusantara.net – Lembaga Keuangan Syariah (LKS) di Aceh telah menegaskan kesiapannya untuk mendukung suksesnya Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Komitmen ini disampaikan dalam Fokus Grup Discussion (FGD) dengan tema “Komitmen dan Kesiapan LKS dalam Mendukung PON XXI tahun 2024,” yang digelar di Hotel Rasamala pada Kamis (16/11/2023) lalu.

Ketua Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Aceh, Achmad Marzuki, memimpin FGD dan mengajak seluruh lembaga keuangan di Aceh untuk meningkatkan fasilitas layanan. Fokus utama komitmen tersebut meliputi transaksi keuangan, jaminan ketersediaan uang, jaringan IT yang terjaga, serta sponsorship dan branding bersama PON 2024.

Direktur Eksekutif KDEKS Aceh, Syahrizal Abbas, menyampaikan bahwa kesuksesan PON menjadi tantangan bagi LKS di Aceh. Oleh karena itu, dukungan dari semua pihak dianggap kunci untuk mempersiapkan dan membuktikan dukungan hingga tahun 2024.

Dukungan tersebut melibatkan berbagai aspek, seperti branding bersama melalui kartu debit, kredit, dan e-money edisi khusus PON XXI/2024, publikasi melalui baliho dan videotron, peningkatan sarana transaksi keuangan, dukungan jaringan IT yang memadai, ketersediaan uang, dan sarana transaksi keuangan seperti ATM, Mesin EDC, Agen Laku Pandai.

Plt Kadispora Aceh, Teuku Banta Nuzullah, menjelaskan bahwa PON XXI/2024 akan dihelat pada 8 September 2024, menjadi PON pertama di dua daerah tingkat provinsi dan diikuti oleh 38 provinsi. Oleh karena itu, dukungan dari LKS di Aceh sangat diharapkan bagi suksesnya pesta olahraga multi-event terbesar di Indonesia.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan Aceh, Yusri, menyatakan kesediaan seluruh LKS di Aceh untuk mendukung PON XX Tahun 2024. Hal senada disampaikan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Aceh, Ronny Wijayanto, yang menegaskan komitmen Bank Indonesia dalam menjaga kecukupan uang beredar pada pelaksanaan PON XXI/2024, serta mendukung peningkatan jumlah merchant QRIS sebagai alternatif layanan transaksi keuangan.

Semua LKS di Aceh, termasuk Bank Aceh Syariah, Bank Syariah Indonesia, BTN Syariah, BTPN Syariah, dan beberapa bank lainnya, turut serta dalam FGD dan telah menandatangani Komitmen Bersama untuk mendukung PON XXI/2024.

Komitmen tersebut mencakup jaringan kantor, ATM, Mobil Kas, EDC Machine, QRIS Merchant, dan Agen Laku Pandai.

Syahrizal menegaskan optimisme bahwa dengan komunikasi efektif antara KDEKS Aceh dan LKS, kesiapan penuh dalam mendukung PON XXI Tahun 2024 dapat tercapai. Dengan komitmen bersama ini, LKS Aceh siap menyambut tamu-tamu terhormat Aceh dalam pelaksanaan PON XXI Tahun 2024 mendatang.
Berikut ini adalah rincian komiten LKS di Aceh pada FGD Komitmen dan Kesiapan LKS dalam Mendukung Pekan PON XXI tahun 2024.

RINCIAN KOMITMEN LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH

1. Jaringan Kantor

Jaringan Kantor Perbankan Syariah yang terdiri dari Bank Umum Syariah (BUS), Unit Usaha Syariah (UUS) dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) berjumlah 408 jaringan kantor di seluruh kabupaten/kota.

2. Anjungan Tunai Mandiri (ATM)

Jumlah eksisting ATM dari 6 BUS, 6 UUS dan 12 BPRS sebanyak 1.115 unit dan tersebar di 23 kab/kota. Seluruh ATM merupakan jaringan ATM Bersama dan atau GPN, dan menuju tahun 2024 akan bertambah secara bertahap sebanyak 350 unit ATM lagi sehingga akan mencapai 1.455 unit ATM diseluruh Aceh.

3. Mobil Kas

Bank Aceh Syariah , Bank Syariah Indonesia (BSI), BTN Syariah dan BCA Syariah siap untuk mengerahkan Mobil Kas ke venue-venue yang lokasinya jauh dari Anjungan Tunai Mandiri. Mobil-mobil kas tersebut dilengkapi dengan ATM, dan layanan teller dan costumer services.

4. EDC Machine dan QRIS Merchant

Untuk menjamin kelancaran transaksi telah tersedia sebanyak total 1.524 EDC machine belum termasuk EDC Merah Putih yang tersedia di seluruh Jaringan Indomaret dan Alfamaret se Aceh, dan 127.000 merchant QRIS yang jumlahnya akan terus ditambahkan sesuai kebutuhan termasuk untuk bea restribusi (parkir, tiket masuk Kawasan wisata dll). Pada akhir tahun 2024 ditargetkan jumlah EDC machine akan mencapai 3.674 unit.

5. Agen Laku Pandai

Saat ini Bank Aceh Syariah dan Bank Syariah Indonesia sangat kompetitif dalam penambahan Agen Laku Pandai yang dapat melayani berbagai transaksi sampai dengan bulan Oktober 2023 jumlah agen laku pandai dari 2 BUS tersebut sudah mencapai 6.333 agen, dan penambahannya diperkirakan mencapai 9.183 agen pada tahun 2024.

6. Branding PON XXI/2024

Dalam pertemuan disepakati pula akan diterbitkannya kartu emoney, kartu ATM dan kartu kredit edisi khusus PON XXI/2024 sebagai bentuk publikasi kegiatan oleh Bank Aceh Syariah, BTN Syariah dan Bank Syariah Indonesia. Publikasi juga akan dilakukan masing-masing Bank, baik melalui Videotron maupun Baliho masing-masing perbankan. []

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: