DPRAHeadline

Banggar DPRA Sampaikan 26 Rekomendasi Terhadap Laporan Pertanggungjawaban APBA 2022

×

Banggar DPRA Sampaikan 26 Rekomendasi Terhadap Laporan Pertanggungjawaban APBA 2022

Sebarkan artikel ini
Juru Bicara Banggar Dpra Khalili Sh
Juru Bicara Banggar DPRA, Khalili, S.H

Habanusantara.net, – Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) sampaikan 26 rekomendasi terhadap Laporan Pertanggungjawaban APBA tahun 2022 dalam Sidang paripurna DPRA, Rabu, 2 Agustus 2023.

Rapat yang dipimpin oleh Ketua DPRA, Saiful Bahri, ini juga dihadiri oleh Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, dan Sekda Aceh, Bustami Hamzah.

Dalam paparannya, Juru Bicara Banggar DPRA, Khalili, S.H., memberikan evaluasi mengenai capaian dan kinerja pemerintah Aceh dalam mengelola anggaran tahun 2022. Meskipun terdapat pertumbuhan ekonomi sebesar 5,31 persen, Banggar DPRA menilai bahwa angka tersebut masih belum mencapai target RPJM Aceh yang seharusnya 6 persen. Selain itu, tingkat pengangguran di Aceh juga masih mengkhawatirkan, mencapai 6,17 persen, melebihi rata-rata nasional.

Menyikapi temuan dan masalah yang dihadapi, Banggar DPRA menyampaikan 26 rekomendasi kepada pemerintah Aceh untuk segera ditindaklanjuti.

Beberapa di antaranya adalah meminta Pj Gubernur Aceh untuk mencari skema pendanaan lain dengan kementerian (K/L) atas program dan kegiatan yang memerlukan pendanaan besar dan berkelanjutan.

Selain itu, Banggar DPRA juga menyarankan Pj Gubernur Aceh untuk melakukan koordinasi dengan lintas pihak eksternal untuk mencari formulasi sumber pendanaan lain untuk penanganan jalan-jalan yang membutuhkan rehabilitasi besar.

Dalam mengatasi masalah kemiskinan, Banggar DPRA mendesak Pj Gubernur Aceh untuk menuntaskan pembangunan rumah layak huni bagi warga miskin di Aceh. Program ini dianggap sebagai salah satu program penting mengingat kondisi Aceh yang termasuk dalam daerah rentan miskin.

Rekomendasi lainnya mencakup perlindungan bagi perempuan dan anak yang menjadi korban kekerasan dan seksual, audit khusus terhadap mekanisme penunjukan pengadaan paket makan bagi kebutuhan pasien di RSJ, dan audit khusus terhadap seluruh proses pengadaan barang dan jasa di lingkungan BLUD Rumah Sakit Umum dr. Zainoel Abidin serta Rumah Sakit Jiwa.

Sidang Paripurna ini mencerminkan keseriusan DPR Aceh dalam mengawasi dan mengawal pelaksanaan APBA tahun 2022 demi kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Aceh. Rekomendasi-rekomendasi tersebut diharapkan dapat menjadi pijakan bagi pemerintah Aceh untuk meningkatkan efektivitas dan transparansi pengelolaan anggaran serta memastikan program-program yang direncanakan dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat Aceh

Berikut adalah 26 rekomendasi lengkap disampaikan oleh Badan Anggaran DPR Aceh (Banggar DPRA) kepada Pemerintah Aceh terkait Laporan Pertanggungjawaban APBA tahun 2022:

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: