ADVERTORIALWisata

Serba Serbi Aceh Culinary Festival, Event Kuliner Unggulan Indonesia

×

Serba Serbi Aceh Culinary Festival, Event Kuliner Unggulan Indonesia

Sebarkan artikel ini

Kapan dan dimana nih acaranya?
14 s.d 17 Juli 2023 di Taman Sulthanah Safiatuddin Banda Aceh

Siapa aja peserta pamerannya?
Lebih dari 100 UMKM Kuliner dari Aceh, Provinsi-Provinsi di Sumatera dan juga perwakilan 9 Kab/Kota dari Pesisir Barat, Tengah hingga ke Pesisir Timur Aceh.

Menu makanan apa aja yang ada?
Mulai dari citarasa Tradisional Aceh, Nusantara, Asia, Eropa hingga Afrika bisa Kamu nikmati dengan harga yang pastinya terjangkau. Sstt, tenant di ACF dilarang keras menaikkan harga jauh dari harga normal lho. Jika kedapatan oleh panitia, bakal diblacklist dan gak akan bisa ikutan lagi tahun depan.

Kalo minuman?
Sama, ratusan variasi minuman dari tradisi dan non tradisional semua bisa kamu nikmati.

Selain makan-makan bisa ngapain aja?
Ikut kelas masak. Ada Chef Andry Oma Elly tuh yang mau ngajak kamu belajar bikin fresh pasta. Chef Archie Prameswara dan Chef Frans Wahyu katanya sih mau ngajarin kamu bikin hidangan klasik Aceh jadi naik kelas.
Buat kamu yang ingin belajar masakan tradisional Aceh, langsung diajarin cara masak Kuah Beulangong, Sie Reuboh dan Si Itiek oleh para maestro Yah Magun Aceh yang legendaris. Buat yang pengen belajar hidangan rumahan Aceh yuk ketemu sama Rika Andriani & Erika, duo Rika ratu dapur yang siap membagikan ilmunya dalam 2 kelas masak yang berbeda.

Trus bisa belajar apa lagi?
Bikin asam sunti, bikin minyak kelapa, bikin kombucha, bikin racikan bumbu khas Aceh, kelas kopi dan kelas food photography bareng komunitas Kompakers Aceh dan Lauras Blackpepper.

Mau belajar bisnis kuliner?
Boleh ikut Gastro Summit yang tahun ini ngumpulin para F&B Consultant buat sharing ilmu sekaligus open konsultasi gratis buat kamu yang mau memulai bisnis kuliner. Ada Barista dan Coffee Consultant Reza Jack dan Thomas Pangaribuan Founder Kitchen Hub Indonesia.

Untuk pengalaman makan di Festival kayanya komplit nih?
Bener!, buat pengalaman dinner ala fine dining juga ada. Gala dinner dengan tema “Refining Aceh Classic Cuisine with. Chef Archie Prameswara dan Sie Reuboh Goreng Cut Bit” bisa kamu nikmati, kalo kamu beruntung menjadi salah satu tamu VIP dalam opening ceremony Aceh Culinary Festival. Tapi kalo engga, kamu masih bisa menikmati fine dining ala Pop Up Kitchen Restoran Oma Elly dari Jakarta dan Restoran Locosovya Banda Aceh, juga dengan harga yang sangat pantas.

Hiburannya ada apa aja nih?
Banyak dong! Ada 2 pusat pertunjukan yang siap menyuguhkan penampilan bagus buat kamu. Apache, Ganea, Arif Azizi dan Kawanannya, Rafi Sudirman dan Danilla Riyadi adalah line up Aceh Culinary Festival tahun ini.

Sementara itu muatan tradisi tetap menjadi pertunjukan utama di Aceh Culinary Festival, mulai dari prosesi adat khanduri laot, Khanduri blang, Khanduri Jeurat hingga Khanduri Naik Rayoh, lengkap kan?.

Masuk Gratis?
Bayar 15 ribu!, tapi 15 ribu ini nanti akan jadi kupon belanja yang bisa ditukar di tenant manapun di dalam area Food Market. Jadi sebenernya gratis juga. Panitia cuma berusaha agar kapasitas pengunjung bisa dikendalikan dan tidak terlalu berdesakan.

Kalo mau daftar kelas gimana?
Follow akun IG @acehculinaryfestival info pendaftaran kelas bakal diumumin disitu.

Ada aturan lain selain berlaku HTM gak?
ACF23 perlu dukungan kamu untuk menerapkan green foodstyle, gerakan festival kuliner ramah lingkungan. Jadi jangan lupa untuk bawa alat makan dan botol minum sendiri ya. Jangan lupa untuk membuang sampah di tong sampah pilah yang udah disediakan agar pengelolaan sampah dan limbah makanan di ACF menjadi semakin baik lagi.

Duh, uda kebanyakan nih pertanyaannya. Buruan siapkan dan rencanakan petualanganmu di Aceh Culinary Festival 2023, Culinary Culture Experience![adv]

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: