Headline

Pj Gubernur Aceh Lantik Pj Walikota Banda Aceh dan Pj Bupati Aceh Utara

×

Pj Gubernur Aceh Lantik Pj Walikota Banda Aceh dan Pj Bupati Aceh Utara

Sebarkan artikel ini

Habanusantara.net – Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki, telah melantik dua pejabat sementara (Pj) untuk mengisi posisi penting di wilayah Aceh. Upacara pelantikan dilakukan di Anjong Mon Mata, Banda Aceh pada Jumat, 14 Juli 2023.

 

Dalam pelantikan tersebut, Achmad Marzuki menunjuk Amiruddin, SE. M.Si sebagai Pj Walikota Banda Aceh, sementara Dr. Drs. Mahyuzar, M.Si diangkat menjadi Pj Bupati Aceh Utara. Kedua pejabat ini ditugaskan untuk menjalankan pemerintahan daerah dengan tanggung jawab besar.

 

Pj Gubernur Achmad Marzuki dalam pidatonya menekankan beberapa hal yang perlu dilakukan oleh kedua pejabat tersebut. Pertama, mereka diharapkan menjalin komunikasi harmonis dengan berbagai pihak, termasuk lembaga legislatif, peradilan, ulama, dan elemen masyarakat lainnya. Tujuannya adalah menjaga stabilitas politik dan keamanan di daerah.

 

Kedua, Pj Walikota Banda Aceh dan Pj Bupati Aceh Utara diharapkan menjalankan sistem pemerintahan secara transparan, akuntabel, dan taat hukum.

 

Mereka juga diminta untuk memastikan pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tepat waktu agar pembangunan dapat dimulai lebih awal. Pentingnya membenahi sistem Administrasi Keuangan juga disoroti agar terkelola dengan baik.

 

Selanjutnya, Pj Gubernur Aceh menekankan pentingnya membangun kerja tim yang solid agar program-program unggulan yang sudah berjalan sebelumnya dapat berlanjut. Salah satu fokus yang perlu diperhatikan adalah upaya penurunan kasus stunting di kedua wilayah tersebut.

 

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan angka stunting di Aceh Utara mencapai 38,3 persen, sedangkan Banda Aceh mencapai 25,5 persen. Angka tersebut lebih tinggi daripada angka stunting nasional yang mencapai 21,6 persen. Pj Walikota dan Pj Bupati Aceh Utara diminta untuk memberi perhatian serius pada upaya penanggulangan stunting karena hal ini berdampak pada kualitas sumber daya manusia generasi muda Aceh ke depan.

 

Selain itu, Pj Gubernur juga mengingatkan agar kedua pejabat ini menunjukkan kepemimpinan yang baik dalam memimpin pemerintahan. Mereka diharapkan mampu mengoptimalkan potensi daerah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

 

Dalam hal inflasi, evaluasi terbaru menunjukkan bahwa inflasi di Aceh sudah kembali normal. Secara kumulatif, inflasi dari Januari hingga Juni 2023 mencapai 1,01 persen, sedangkan inflasi tahunan dari Juni 2022 hingga Juni 2023 mencapai 2,70 persen. Meskipun demikian, perlu diingat bahwa Aceh sempat mengalami inflasi tinggi hingga 6,97 persen pada beberapa waktu di tahun 2023, jauh di atas inflasi nasional.

 

Pj Gubernur mengingatkan agar kasus memburuknya inflasi tersebut tidak terulang, dan Pj Walikota dan Pj Bupati diminta untuk mengoptimalkan kinerja Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) guna mengantisipasi inflasi yang tidak terkendali. Distribusi pangan juga perlu diperhatikan agar pasokan dan permintaan tetap lancar, sehingga inflasi tahunan tidak melebihi 4 persen.

 

Terakhir, Achmad Marzuki mendorong kedua pejabat tersebut untuk memastikan tahapan dan pelaksanaan Pemilu Presiden, Pemilu Legislatif, dan Pilkada pada 2024 di wilayah masing-masing berjalan lancar.

 

Hal ini penting agar masyarakat dapat menyalurkan aspirasinya secara jujur, adil, aman, damai, dan demokratis.

 

Pelantikan Pj Walikota Banda Aceh dan Pj Bupati Aceh Utara ini diharapkan dapat membawa perubahan positif bagi kedua wilayah tersebut.

 

Tugas dan tantangan yang diemban tidak ringan, namun dengan komitmen dan kerja keras, diharapkan Aceh semakin maju dan sejahtera.

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close