News

Polda Aceh Meluncurkan Tim Keamanan Cyber untuk Lawan Ancaman Teknologi

×

Polda Aceh Meluncurkan Tim Keamanan Cyber untuk Lawan Ancaman Teknologi

Sebarkan artikel ini

Habanusantara.net- Wakapolda Aceh, Brigjen Syamsul Bahri, menghadiri secara virtual peluncuran Computer Security Incident Response Team (CSIRT) di ruang vidcon Polda Aceh pada Kamis, 15 Juni 2023.

Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Joko Krisdiyanto, menjelaskan bahwa peluncuran CSIRT merupakan langkah antisipatif dalam menghadapi dampak perubahan teknologi yang terus berkembang. Keamanan informasi cyber menjadi salah satu elemen utama dan fondasi dalam menjaga keamanan serta konektivitas sistem digital di lingkungan Polri.

“Dalam rangkaian kegiatan hari ini, Wakapolda Aceh hadir dalam peluncuran CSIRT secara virtual. Peluncuran ini dilaksanakan di Markas Besar Polri sebagai upaya proaktif dalam menghadapi dampak perubahan teknologi,” ujar Joko dalam rilisnya pada Kamis, 15 Juni 2023.

CSIRT, lanjut Joko, merupakan sebuah tim yang terdiri dari para Analis Keamanan yang terorganisir untuk mengembangkan, merekomendasikan, dan mengoordinasikan tindakan mitigasi yang harus dilakukan segera dalam menghadapi ancaman keamanan cyber.

Dalam era yang semakin tergantung pada teknologi, keamanan cyber menjadi prioritas utama bagi lembaga penegak hukum seperti Polri. Dengan adanya CSIRT, Polri Aceh siap melindungi dan menjaga sistem informasi mereka dari serangan atau pelanggaran keamanan yang dapat merugikan.

Wakapolda Aceh, Brigjen Syamsul Bahri, menyambut peluncuran CSIRT ini dengan harapan bahwa tim ini akan memainkan peran yang penting dalam memastikan keamanan informasi dan sistem digital di lingkungan Polri. Ia menekankan pentingnya kerjasama dan penerapan teknologi canggih untuk menghadapi tantangan keamanan cyber yang semakin kompleks.

Dengan adanya CSIRT, Polda Aceh telah mengambil langkah maju dalam menjaga integritas dan keamanan sistem informasi mereka. Tim ini akan merespons dan menangani setiap insiden keamanan cyber dengan cepat dan efektif, sehingga masyarakat dapat merasa aman dan nyaman dalam beraktivitas di dunia digital.

Peluncuran CSIRT ini menjadi bukti komitmen Polri Aceh dalam menjaga keamanan informasi dan mengantisipasi ancaman cyber yang terus berkembang. Diharapkan langkah ini dapat memberikan perlindungan yang lebih baik bagi Polri Aceh dalam menjalankan tugasnya serta melindungi masyarakat dari kejahatan di dunia maya.[]

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close