Headline

Pj Gubernur Aceh Terima Penghargaan SPBE Terbaik dari Presiden

×

Pj Gubernur Aceh Terima Penghargaan SPBE Terbaik dari Presiden

Sebarkan artikel ini
PJ Gubernur Aceh Bustami Hamzah
PJ Gubernur Aceh Bustami Hamzah

Habanusantara.net – Pj Gubernur Aceh, Bustami SE, M.Si, kembali menerima penghargaan bergengsi dalam acara Digital Government Award (DGA) Summit 2024 di Istana Negara. Penghargaan ini menjadi bukti nyata atas keberhasilan Pemerintah Aceh dalam menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang efektif dan efisien.

Acara tersebut tidak hanya menjadi panggung bagi Aceh, namun juga sembilan provinsi lain yang meraih penghargaan atas kinerja dan prestasinya dalam bidang pemerintahan berbasis digital. Namun, Aceh memperoleh tempat istimewa dengan meraih predikat SPBE terbaik dalam kategori Pemerintah Daerah.

Penghargaan ini bukan semata-mata sebuah apresiasi kosong. Ia mencerminkan upaya besar Pemerintah Aceh dalam meningkatkan pelayanan publik melalui inovasi teknologi. Selain itu, penghargaan ini juga menjadi dorongan besar bagi Aceh untuk terus memperbaiki dan meningkatkan sistem pemerintahannya.

Presiden Joko Widodo tidak hanya memberikan penghargaan kepada Bustami, tetapi juga meluncurkan Government Technology (GovTech) Indonesia dengan nama INA Digital. Langkah ini sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2023 tentang Percepatan Transformasi Digital dan Keterpaduan Layanan Digital Nasional. INA Digital diharapkan dapat menjadi tonggak penting dalam mempercepat integrasi dan interoperabilitas sistem layanan digital utama di Indonesia.

Dalam sambutannya, Presiden menekankan pentingnya keterpaduan layanan digital pemerintah, yang selama ini tersebar di berbagai platform atau aplikasi. Dengan INA Digital, diharapkan masyarakat hanya perlu mengakses satu portal untuk mendapatkan layanan pemerintah yang beragam, efektif, dan efisien.

Namun, upaya transformasi digital tidaklah mudah. Presiden Jokowi menyoroti kendala yang dihadapi, termasuk adanya 27 ribu aplikasi di tingkat Pemerintah Pusat hingga Pemerintah Kabupaten/Kota yang berjalan secara terpisah dan tumpang tindih. Oleh karena itu, Kepala Negara mengingatkan untuk menghentikan pembuatan aplikasi baru mulai dari tahun ini.

Bustami, yang merangkap sebagai Pj Gubernur Aceh, merespons dengan positif atas pesan Presiden. Ia menganggap penghargaan yang diterima sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Pusat terhadap Aceh. Lebih dari itu, penghargaan tersebut diyakini mampu membangkitkan semangat Aceh dalam mengelola sistem pemerintahannya dengan lebih baik.

Pj Gubernur juga berkomitmen untuk menyampaikan pesan Presiden kepada jajarannya di Aceh, terutama terkait sembilan layanan prioritas yang menjadi fokus INA Digital. Visi-misi Pemerintah Aceh yang menekankan pelayanan publik yang prima menjadi landasan kuat dalam menjalankan komitmen tersebut.

Bustami tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung, serta jajaran Pemerintah Aceh yang telah bekerja sama untuk mencapai prestasi ini. Keberhasilan ini tidak terlepas dari kerjasama dan kekompakan semua pihak.

Dalam acara tersebut, Bustami turut didampingi oleh beberapa pejabat terkait, antara lain Kepala Dinas Komunikasi, Informatika (Diskominfo) dan Persandian Aceh Marwan Nusuf, B.HSc, serta Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) Akkar Arafat.

Penghargaan SPBE terbaik yang diraih oleh Pj Gubernur Aceh Bustami menjadi cermin keberhasilan Pemerintah Aceh dalam menjalankan transformasi digital. Hal ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi Aceh, tetapi juga menjadi inspirasi bagi daerah lainnya dalam meningkatkan pelayanan publik melalui teknologi.[]

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: