Nasional

Memperkenalkan Kekayaan Budaya Lewat Filateli, Kominfo Luncurkan Prangko Seri Senjata Tradisional

×

Memperkenalkan Kekayaan Budaya Lewat Filateli, Kominfo Luncurkan Prangko Seri Senjata Tradisional

Sebarkan artikel ini

Habanusantar.net, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) perkenalkan kekayaan budaya Indonesia terangkai dengan meluncurkan Prangko Seri Senjata Tradisional melalui Prangko dan Filateli di Kota Serang, Provinsi Banten.

Dalam acara yang dihadiri oleh Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Wayan Toni Supriyanto, diperkenalkanlah empat prangko bergambar senjata tradisional Indonesia, yaitu Golok Ciomas, Kujang Ksatria, Mandau, dan Rencong Meupucok, yang merupakan koleksi dari Museum Sri Baduga dan Museum Kapuas Raya.

Wayan Toni Supriyanto menggarisbawahi nilai besar yang dimiliki oleh prangko dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia.

Menurutnya, prangko tidak hanya sebagai alat pembayaran biaya pengiriman pos, tetapi juga sebagai alat edukasi, penyebar informasi publik, dan benda filateli yang memiliki nilai seni dan budaya yang tinggi.

“Prangko dapat memberikan manfaat ekonomi, sosial, dan budaya yang maksimal bagi masyarakat Indonesia, serta dapat menumbuhkan rasa cinta dari anak-anak Indonesia untuk lebih mengenal akan kekayaan budaya Indonesia. Prangko juga dapat digunakan sebagai alat untuk mempererat hubungan antar bangsa,” ungkapnya.

Meskipun demikian, Wayan Toni Supriyanto juga mengakui bahwa perkembangan teknologi informasi telah mempengaruhi pola budaya masyarakat, sehingga penggunaan surat atau kartu pos semakin jarang dilakukan.

Oleh karena itu, Kementerian Kominfo mendorong kolaborasi antara Direktorat Pos Ditjen PPI Kementerian Kominfo, PT. Pos Indonesia, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang untuk terus memperkenalkan prangko kepada generasi muda.

Melalui pendekatan filateli, diharapkan para siswa dan guru dapat mengembangkan minat dalam mengumpulkan, merawat, dan mempelajari prangko serta benda pos lainnya.

Sekaligus dengan peluncuran Prangko Seri Senjata Tradisional, acara tersebut juga menjadi momen penting penyerahan penghargaan kepada para pemenang Lomba Menulis Surat Remaja Nasional 2024.

Wayan Toni Supriyanto mengapresiasi partisipasi remaja dalam mengekspresikan ide dan perasaan mereka melalui seni tulis, khususnya dalam bentuk surat.

“Pemenang Lomba Menulis Surat Remaja Nasional Tahun 2024 akan menjadi wakil Indonesia pada 53rd International Letter Writing Competition for Young People 2024 yang diselenggarakan oleh Universal Postal Union. Karya mereka akan menjadi representasi Indonesia di tingkat internasional,” jelasnya.

Dengan demikian, melalui acara yang digelar tersebut, Kementerian Kominfo berupaya tidak hanya memperkenalkan prangko sebagai bagian dari warisan budaya Indonesia, tetapi juga mendorong generasi muda untuk terlibat dalam eksplorasi dan pengembangan budaya melalui medium filateli.[]

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close