ADVERTORIALDPRKParlemenParlementaria

Ketua DPRK Banda Aceh: Sedekah, Kunci Kebaikan di Bulan Ramadan

×

Ketua DPRK Banda Aceh: Sedekah, Kunci Kebaikan di Bulan Ramadan

Sebarkan artikel ini
Farid Nyak Umar saat mengisi ceramah Tarawih di Masjid Al-Fitrah Asrama PHB Lampriek, Kecamatan Kuta Alam, Jumat (22/03/2024).
Farid Nyak Umar saat mengisi ceramah Tarawih di Masjid Al-Fitrah Asrama PHB Lampriek, Kecamatan Kuta Alam, Jumat (22/03/2024).

Habanusantara.net, – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota Banda Aceh, Farid Nyak Umar, menyoroti pentingnya sedekah dalam memperbanyak amal ibadah di bulan suci Ramadan.

Dalam ceramah tarawih di Masjid Al-Fitrah Asrama PHB Lampriek, Kecamatan Kuta Alam, Jumat (22/03/2024), Farid mengajak umat Islam untuk memperbanyak sedekah, mengingat bahwa pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Farid menjelaskan bahwa salah satu bentuk sedekah yang sangat baik di bulan Ramadan adalah dengan memberikan makanan atau minuman kepada orang yang berpuasa.

Hal ini sesuai dengan hadis Rasulullah yang menyatakan bahwa barang siapa memberikan makanan atau minuman kepada saudaranya yang berpuasa, akan mendapatkan pahala sebagaimana orang yang berpuasa.

“Berbagi makanan atau minuman kepada saudara yang berpuasa merupakan sedekah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadan. Ini merupakan salah satu cara kita berbagi berkah Ramadan dengan sesama,” ujar Farid Nyak Umar.

Selain itu, Farid juga menyoroti lima keutamaan bersedekah yang disampaikan dalam Islam. Pertama, Allah akan membalas dengan pahala dan harta yang berlipat ganda bagi mereka yang bersedekah, sebagaimana dijanjikan dalam Al-Qur’an.

Kedua, sedekah dapat memanjangkan usia dan mencegah kematian buruk, karena amalan kebaikan dari orang yang bersedekah akan terus dikenang.

“Keutamaan ketiga adalah sedekah sebagai penghapus dosa. Dengan bersedekah, dosa-dosa kita dapat dihapuskan oleh Allah SWT. Ini menjadi salah satu cara untuk membersihkan diri dari dosa-dosa yang telah kita lakukan,” tambah Farid.

Farid juga menekankan bahwa sedekah dapat menjauhkan diri dari api neraka, sebagaimana disabdakan Rasulullah. Dengan bersedekah, seseorang bisa mendapat pahala yang berlipat ganda dan menjauhkan diri dari ancaman api neraka.

Terakhir, Farid menyampaikan bahwa sedekah akan memberikan naungan di hari kiamat. Di hari kiamat, naungan bagi umat manusia adalah sedekah yang mereka lakukan di dunia.

Oleh karena itu, ia mengajak umat Islam untuk terus berlomba-lomba dalam bersedekah, karena sedekah adalah salah satu kunci kebaikan di bulan Ramadan.

“Semoga pemahaman mengenai keutamaan bersedekah ini dapat memotivasi kita untuk terus berbuat kebaikan, tidak hanya di bulan Ramadan, tetapi juga sepanjang tahun. Yang penting adalah keikhlasan dalam beramal,” tutup Farid Nyak Umar.[Adv]

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close