Otomotif

Honda Gandeng Mahasiswa Edukasi Safety Riding

×

Honda Gandeng Mahasiswa Edukasi Safety Riding

Sebarkan artikel ini

Habanusantara.net – Honda Indonesia, melalui tim Instruktur Safety Riding dari Capella Honda, bekerjasama dengan Dikmas Kamsel Polres Aceh Barat, menyelenggarakan kegiatan edukasi Safety Riding di aula kampus Universitas Teuku Umar, Kota Meulaboh. Sejumlah mahasiswa/i yang menjadi perwakilan dari berbagai jurusan berpartisipasi dalam kegiatan #Cari_Aman berkendara ini.

Tim Instruktur Safety Riding menyampaikan materi edukasi sepanjang hari pada tanggal 25 Desember 2023. Acara ini diselenggarakan merespon permintaan pihak kampus, yang berharap perwakilan peserta dapat menjadi agen perubahan dalam perilaku aman berkendara di lingkungannya.

Dalam konteks data kecelakaan di jalan raya dari Korlantas Mabes Polri, kegiatan ini menjawab tingginya angka kecelakaan pada rentang usia 14-39 tahun yang masih didominasi oleh kaum pria. Hal ini sejalan dengan tingginya aktivitas manusia di usia tersebut, termasuk para pelajar di lingkungan kampus.

Salah satu narasumber, Reza Novendri dari Instruktur Safety Riding Capella Honda, menyoroti pentingnya menjaga jarak aman saat berkendara. Menurutnya, kecelakaan yang disebabkan oleh “gagal menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan” merupakan salah satu penyumbang angka kecelakaan tertinggi.

Selama acara, peserta tidak hanya mendapatkan materi teori, tetapi juga terlibat dalam sesi simulasi Jaga Jarak iring yang aman di jalan. Reza Novendri menekankan bahwa prilaku preventif dan #Cari_Aman sangat penting untuk diterapkan. “Apapun kondisinya, prilaku aman saat di jalan adalah investasi waktu yang sangat berharga,” ujar Aipda Haris, Kanit Kamsel Polres Aceh Barat.

Sebagai pelengkap modul, perwakilan peserta juga diajak untuk melakukan uji praktek berkendara dalam dua tahap. Tahap pertama menggunakan alat simulator berkendara Honda, sementara tahap kedua melibatkan pendampingan langsung praktek berkendara dengan sepeda motor yang disediakan oleh panitia Honda.

Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi langkah awal untuk menggelar kegiatan serupa secara rutin di kampus-kampus lain di seluruh provinsi Aceh. Tujuannya adalah membentuk generasi yang cerdas dan taat berlalu lintas, serta menjadi bagian dari generasi #Cari_Aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close