DaerahNews

Kuta Barat Sabang Masuk Nominasi Gampong Keterbukaan Informasi Publik Nasional

×

Kuta Barat Sabang Masuk Nominasi Gampong Keterbukaan Informasi Publik Nasional

Sebarkan artikel ini

Habanusantara.net, Pemerintah Gampong (desa) Kuta Barat, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Provinsi Aceh Masuk 14 Besar Nominasi Gampong Kererbukaan Informasi Publik Nasional.

Kuta Barat masuk nominasi berdasarkan Keputusan Komisi Informasi Publik Republik Indonesia NOMOR 14 /KEP/KIP/X/2023 tentang nama Desa masuk Nonimasi Nasional tahun 2023.

Komisioner Komisi Informasi Aceh (KIA) Muhammad Hamzah dalam siaran pers yang dikirim ke redaksi posaceh.com, Rabu (18/10/2023) menjelaskan, pihaknya bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh dan Dinas Komunikasi dan Persandian Aceh (Diskominsa) Aceh mengirimkan lima gampong dari total 6.497 gampong di Aceh untuk dinilai dalam hal implementasi Keterbukaan Informasi Publik Nasional.

“Alhamdulillah satu dari lima gampong yang kita kirim yakni Gampong Kuta Barat, Sabang, masuk 14 besar, dan akan dievalusi oleh tim nasional yang terdiri dari Kementrian Desa, Kementrian Dalam Negeri, Bappanas, Kementriaan Kominfo RI dan Komisi Informasi Pusat serta perwalilan Komisi Informasi Daerah,” ujar pria yang akrab disapa Hamzah ini.

Hamzah menyebutkan, kelima gampong di Aceh yang dikirim untuk Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik Nasionaal adalah Bale Redelong, Bener Meriah, Pasi Pinang Aceh Baarat, Geulanggang Gampong, Bireuen, Kuta Barat Suka Karya Sabang dan Ie Meulee, Sabang.

Ia mengatakan, setelah diumumkan 14 Besar gampong yang masuk pada penilaian evaluasi dan apresiasi gampong ini, KI Pusat akan melaksanakan visitasi atau kunjungan ke gampong yang dinilai sudah memenuhi aspek yang telah ditentukan dalam kuisioner evaluasi sebelumnya.

Sebutnya, adapun tim penilai terdiri dari KI pusat bersama dengan tim dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) serta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDT), Kementriaan Dalam Negeri, Kementrian Kominfo, Perwakilan Perguruan Tinggi dan usur Komisi Informasi Daerah.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh, Dr Zulkifli, mengucapkan syukur atas terpilihnya salah satu gampong di Aceh sebagai Nominasi Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik di Tingkat Nasional.

Ia menambahkan, keberhasilan ini berkat kerja sama yang baik antar lembaga, sehingga Sinergitas yang kita bangun selama ini telah membuahkan hasil yang baik, karena tidak mungkin pemerintahan gampong dapat berjalan baik tanpa bersinergi dengan lembaga kemasyarakatan gampong dan lembaga terkait lainnnya.

“Mari kita berdoa, suapaya Provinsi Aceh keluar sebagaai Gampong terbaik Nasional dalam Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik Nasional tahun 2023,” ujar Kadis DPMG Aceh.(Sdm/*)

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: