Pemerintahan

Ketua TP PKK Aceh Ikhtiar Jalankan 10 Program Prioritas PKK dan upaya preventif terhadap stunting di Aceh

×

Ketua TP PKK Aceh Ikhtiar Jalankan 10 Program Prioritas PKK dan upaya preventif terhadap stunting di Aceh

Sebarkan artikel ini

Habanusantara.net, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Aceh, Ny. Ayu Marzuki, telah menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kader PKK di Hotel Bidakara, Gatot Subroto, Jakarta Selatan pada hari Senin, 11 September 2023.

Rakornas yang bertemakan “Kader PKK dan 10 Program Pokok PKK Melaju Menuju Indonesia Maju” ini dihadiri oleh Ketua Umum TP PKK Pusat, Ny. Tri Tito Karnavian, serta Ketua TP PKK dari provinsi, kabupaten, dan kota di seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Ny. Tri Tito Karnavian menyampaikan apresiasi kepada semua peserta Rakornas yang telah menghadiri acara tersebut. Ia mengakui bahwa Ketua TP PKK dari berbagai daerah adalah pahlawan dari daerah masing-masing, dan ia merasa sangat senang bisa bertemu dengan mereka.

Ny. Tri Tito Karnavian juga tidak ragu mengakui bahwa program-program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat seringkali berhasil berkat peran besar ibu-ibu PKK di daerah-daerah tersebut. “Ketua TP PKK di tiap daerah adalah hero, karena di tangan ibu-ibu, program pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat bisa terlaksana dengan baik,” ujarnya dengan tulus.

Dalam kesempatan tersebut, Ny. Tri Tito Karnavian juga menegaskan pentingnya kerja terarah oleh TP PKK di tiap daerah dengan mengacu pada Rencana Strategis yang telah dirancang sesuai dengan kondisi setempat. Ia juga memberikan penekanan pada program prioritas dan pentingnya berdayakan masyarakat agar program-program tersebut dapat terlaksana dengan baik.

Selain itu, Rakornas ini juga menjadi ajang pengukuhan Ketua Umum TP PKK Pusat dan provinsi sebagai Ketua Umum Pembina Posyandu.

Ny. Tri Tito Karnavian menjelaskan bahwa PKK dan Posyandu adalah dua lembaga yang berbeda, tetapi dalam implementasi di lapangan, kegiatan Posyandu seringkali dilaksanakan oleh kader PKK. Oleh karena itu, untuk memastikan koordinasi yang lebih baik, Ketua TP PKK di semua daerah akan menjadi Pembina Posyandu secara ex officio.

Selama acara, Menteri Kesehatan RI, Budi Gunawan Sadikin, juga memberikan materi penting. Menurutnya, kader PKK memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan masyarakat dan mencegah stunting sesuai dengan arahan Presiden RI, Joko Widodo. Oleh karena itu, upaya preventif untuk menekan angka stunting di setiap daerah menjadi hal yang sangat krusial.

Ketua TP PKK Aceh, Ny. Ayu Marzuki, mengungkapkan komitmennya untuk menyelaraskan arahan yang disampaikan dalam Rakornas ini dengan seluruh jajaran PKK Aceh dan PKK Kabupaten/Kota se-Aceh. Ia berpendapat bahwa arahan dari Ketua TP PKK Pusat dan Menteri Kesehatan RI adalah langkah yang sangat baik, dan akan segera melakukan koordinasi lanjutan untuk mengimplementasikannya. Khususnya, terkait 10 Program Pokok PKK Melaju Menuju Indonesia Maju dan upaya preventif untuk menekan angka stunting di Aceh.

Rakornas ini tidak hanya menjadi wadah bagi para pemimpin PKK di seluruh Indonesia untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan, tetapi juga menegaskan peran strategis yang dimainkan oleh TP PKK dalam menjaga kesejahteraan dan kesehatan masyarakat Indonesia menuju kemajuan yang lebih baik.[]

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close