HeadlineNews

DPRA Tetapkan Tujuh Komisioner KIP Aceh Priode 2023-2028

×

DPRA Tetapkan Tujuh Komisioner KIP Aceh Priode 2023-2028

Sebarkan artikel ini
Rapat Paripurna Dpra Penetapan Komisioner Kip Aceh Senin 24 Juli 2023 fotois
Rapat Paripurna DPRA Penetapan Komisioner KIP Aceh, Senin, 24 juli 2023 [Foto/IS]

Habanusantara.net- Akhirnya Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) menetapkan tujuh komisioner Komite Independen Pemilihan (KIP) Aceh terpilih untuk priode 2023-2028. Penetapan ini berlangsung di Gedung Utama DPRA, Banda Aceh, Senin, 24 Juli 2023.

Rapat sidang Paripurna DPRA yang dipimpin oleh Ketua DPRA, Saiful Bahari, atau yang akrab disapa Pon Yaya, didampingi Wakil Ketua Teuku Raja Keumangan (TRK), Safaruddin, Asisten I Pemerintah Aceh bidang pemerintahan dan keistimewaan Aceh, M Jafar, serta Mantan Anggota DPRA, Sulaiman Abda, yang mewakili Wali Nanggroe Aceh.

Pon Yaya dalam penyampaiannya menyebutkan bahwa ketujuh komisioner KIP Aceh yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut:

1. Hendra Darmawan (KIP Pidie)
2. Saiful (KIP Aceh Selatan)
3. Iskandar Agani (Panwaslih Aceh Timur)
4. Ahmad Mirza Safwandy (Akademisi)
5. Agusni (KIP Aceh)
6. Khairunnisak

Menurut Pon Yaya, berdasarkan pasal 56 ayat 1 UUPA 2006 tentang pemerintah Aceh, tugas KIP Aceh meliputi penyelenggaraan pemilihan presiden, anggota Dewan Perwakilan Daerah, anggota DPRA, dan Pemilihan Gubernur Aceh.

“Pasal 55 ayat 4 dan ayat 6 menyebutkan bahwa anggota KIP Aceh diusulkan oleh DPRA, dengan ketujuh nama tadi akan dikirim ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan kemudian ditetapkan serta diresmikan oleh Gubernur Aceh,” ungkap Pon Yaya.

Proses penetapan komisioner KIP Aceh tidak berlangsung dengan mudah. Sebelumnya, DPRA membentuk tim independen untuk penjaringan dan penyaringan calon anggota KIP. Setelah melalui serangkaian seleksi, tim peneliti menyeleksi 21 calon komisioner yang lolos seleksi.

Selanjutnya, Komisi I DPRA melakukan uji kepatutan dan kelayakan atau Fit and Proper Test. Dari tujuh peringkat teratas, akhirnya diumumkan tujuh nama komisioner KIP terpilih, dan tujuh orang lulus cadangan.

Sayangnya, proses sidang Paripurna penetapan komisioner KIP Aceh sempat molor dari jadwal yang telah ditetapkan. Semula dijadwalkan pada pukul 14.00 WIB, namun baru dimulai sekitar pukul 15.35 WIB.

Namun, hal tersebut tidak menyurutkan semangat dan antusiasme para komisioner KIP terpilih yang lebih dahulu mengisi kursi yang disediakan di sebelah kiri ruang sidang paripurna DPRA sebelum sidang dimulai.

Dengan penetapan tujuh komisioner KIP Aceh yang telah terpilih, diharapkan akan tercipta pemilihan yang adil dan transparan dalam mendukung proses demokrasi di Aceh.

Semoga komisioner KIP Aceh terpilih dapat melaksanakan tugas dengan baik untuk mewujudkan pemilihan yang berkualitas dan menjaga integritas sistem demokrasi di Aceh[is]

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: