DaerahHeadline

Pemkab Aceh Besar Kembali Gelar Operasi Pasar Jelang Idul Fitri

×

Pemkab Aceh Besar Kembali Gelar Operasi Pasar Jelang Idul Fitri

Sebarkan artikel ini

Habanusantara.net – Dalam rangka penanganan inflasi dan stabilisasi harga bahan pokok saat Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskopukmdag) Kabupaten Aceh Besar, kembali melaksanakan Operasi Pasar/ Pasar Khusus di Pasar Lamtamot, Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar, Kamis (13/4/2023).

Kepala Diskopukmdag Aceh Besar Ir Darmansyah  di sela-sela operasi pasar tersebut, mengatakan bahwa pelaksanaan operasi pasar atau pasar khusus HBKN menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H akan diselenggarakan selama 4 hari di 4 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar.

“Untuk sementara ini selama bulan Ramadhan dan mejelang Idul Fitri kita melaksanakan operasi pasar selama empat hari pada empat kecamatan di Aceh Besar, dari pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB,” ujarnya.

Darmansyah menjelaskan 4 hari tersebut dimulai pada hari ini Kamis 13 April 2023 di Pasar Lamtamot kecamatan Lembah Seulawah, selanjutnya Jumat 14 April 2023 di Blang Bintang, dan Sabtu 15 April 2023 di Kuta Cot Glie serta tanggal 18 April 2023 di Kecamatan Seulimuem.

“Kali ini kita adakan di empat Kecamatan dulu, pada tanggal 13 smapai 15 dan 18 April 2023, Insya Allah kedepan kita adakan di tempat lain,” tuturnya.

Lebih lanjut Darmansyah mengatakan, adapun jenis barang yang akan disubsidi oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Besar meliputi beras, tepung, dan gula pasir di setiap 1 kg disubsidi Rp. 5000 dan minyak goreng setiap 1 liter disubsidi Rp. 5.000 serta telur setiap 1 lempeng disubsidi Rp.10.000.

“Untuk harga lima komoditi yang kami jual seperti beras premium 10 kg Rp. 80.000, telur 1 papan Rp. 38.000, gula 2 kg Rp. 20.000, tepung terigu 1 kg Rp. 10.000 dan minyak goreng 2 liter Rp. 30.000, dengan demikian kami menjual 1 paket bagi setiap orang sebesar Rp. 178.000,” ungkapnya.

Ditambahkan Darmansyah, manfaat operasi pasar ini, kata Darmansyah, menjaga stabilitas harga dan daya beli masyarakat. Sebagaimana Instruksi dan arahan Pj Bupati Aceh Besar pada setiap kesempatan, pihaknya akan terus mendorong terwujudnya ketersediaan maupun harga kebutuhan pokok yang bisa dijangkau, dan pemerintah terus melakukan evaluasi terhadap kebijakan yang sedang diberlakukan.

“Sebagaimana pesan Bapak Pj Bupati Aceh Besar, semoga dengan adanya operasi pasar ini bisa membantu masyarakat kecil untuk memperoleh bahan pokok,” imbuhnya.

Dengan pelaksanaan operasi pasar ini, akan dapat mendukung percepatan pemulihan ekonomi dengan menyediakan barang kebutuhan pokok dan adanya stabilitas harga dalam bulan suci Ramadhan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

“Melalui program operasi pasar, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar berharap masyarakat dapat mengakses bahan pangan pokok dengan harga terjangkau dalam menyambut Lebaran Idul Fitri 1444 H nanti,” tutup Darmansyah.(**)

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: