News

Launching BUMG Gle Geunting Bakery, Bupati Aceh Besar Jadi Contoh Bagi Gampong Lain

×

Launching BUMG Gle Geunting Bakery, Bupati Aceh Besar Jadi Contoh Bagi Gampong Lain

Sebarkan artikel ini

 

Habanusantara.net, Aceh Besar – Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali Resmikan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Gle Geunting Bakery milik Gampong Rima Keuneurom, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar, Selasa (12/1/2021). 
Mawardi Ali mengatakan, di tahun 2021 pemkab aceh besar sudah memperioritaskan pengembangan dana desa pada pemulihan ekonomi sesuai dengan amanat presiden dan juga visi-misi dari pemerintah pusat. 
Pemerintah Aceh Besar sangat mengapresiasi kepada Gampong-gampong yang sudah ada BUMG nya dan terus didorong BUMG terbentuk dalam upaya pemulihan ekonomi dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. 
“Untuk Gampong Rima Keuneurom, kami sangat memberikan apresiasi sudah mendirikan BUMG Gle Geunting Bakery dalam usaha Kue. Ini sesuatu yang luar biasa, mereka sudah memproduksi dan mendistribusikan hasil produksinya sampai ke Banda Aceh dan Aceh Jaya. Ini jadi contoh bagi gampong lain” ujar Mawardi Ali 
Menurutnya, apa yang dilakukan oleh Gampong Rima Keuneurom ini harus didorong dan harus di ikuti oleh Gampong-gampong lain di Kabupaten Aceh besar untuk mendirikan BUMG nya dengan bidang usaha lainnya sesuai dengan potensi gampongnya masing-masing, termasuk bakery dalam upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat. 
“BUMG ini bisa menyerap tenaga kerja hingga 20 orang, dengan demikian angka pengangguran dan kemiskinan bisa menurun. Ini sangat baik dan harus dibantu secara bersama,” kata Bupati Aceh Besar. 
Sementara Direktur BUMG Glee Geunteng Bakery Sarwoko, mengharapkan semua stakeholder baikdigampong hingga kabupaten untuk terus mendukung BUMG melalui pemberdayaan, peningkatan kapasitas hingga pendampingan maka ekonomi di gampong akan terus meningkat dengan pemanfaatan sumber dayanya. 
“Pemberdayaan, peningkatan kapasitas serta pendampingan untuk tumbuhnya sektor usaha ekonomi produktif saat ini sangat dibutuhkan,” harapnya. 
Glee Geunteng Bakery merupakan usaha yang bergerak dibidang produksi aneka roti/kue yang bersumber dari dana desa. Selanjutnya dikelola untuk menghasilkan keuntungan yang bersifat bagi hasil anatar gamping dan masyarakat. Selain itu, BUMG ini juga turut aktif berperan dalam pendidikan bagi anak-anak, serta tata kelola sampah gampong.[Ismail]
Terima Kasih Telah Membaca, Silahkan di Share ke yang Lain

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: