Headline

Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia Nanggroe Atjeh Darussalam Resmi Dilantik

×

Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia Nanggroe Atjeh Darussalam Resmi Dilantik

Sebarkan artikel ini
Penyerahan Bendera Pataka kepada Ketua Mabmi Aceh oleh Sekretaris Umum PB MABMI, Dato’ Dr. Milhan Yusuf di Istana Darul Ihsan, Minggu 7 Juli 2024
Penyerahan Bendera Pataka kepada Ketua Mabmi Aceh oleh Sekretaris Umum PB MABMI, Dato’ Dr. Milhan Yusuf di Istana Darul Ihsan, Minggu 7 Juli 2024

Habanusantara.net – Pengurus Wilayah Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (PW MABMI) Nanggroe Atjeh Darussalam resmi dilantik. Pelantikan tersebut berlangsung di Istana Darul Ihsan, minggu 7 Juli 2024.

Acara yang berlangsung khidmat ini mengusung tema “Memperkuat Persatuan Nasional Dengan Semangat Ukhuwah Rumpun Melayu” dan dihadiri oleh berbagai tokoh adat, pejabat daerah, rombongan PB Mabmi serta masyarakat setempat.

Ketua PW MABMI Atjeh, Tuanku Muhammad Radiyan Syukrillah Narukaya, B.A, M.A, Ph.D menyampaikan komitmennya untuk terus memperkuat peran MABMI dalam menjaga nilai-nilai budaya Aceh dalam bingkai rumpun melayu.

“Aceh adalah Melayu, dan Melayu adalah Aceh, dan oleh sebab itu kita perlu terus menjaga semangat ukhuwah rumpun melayu khususnya di Aceh agar persatuan nasional selalu terjaga,” ujarnya.

Tuanku Radiyan juga mengatakan dengan dilantiknya pengurus baru ini, diharapkan MABMI Nanggroe Atjeh Darussalam dapat semakin berperan aktif dalam memajukan kebudayaan rumpun Melayu di Aceh serta mempererat persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat.

Ketua Dewan Penasehat MABMI Atjeh Darussalam, Dato’ Sri Panglima Prof. H. Muhammad Siddiq Armia, M.H, Ph.D , juga memberikan sambutan yang penuh semangat. Beliau menekankan pentingnya menjaga nilai-nilai Melayu dan Islam.

“Islam adalah Melayu, dan ini adalah esensi daripada kebudayaan rumpun melayu itu sendiri. Maka menjadi Melayu adalah sarana untuk menegakkan syiar Islam, khususnya di Aceh dan juga di seantero daerah Melayu serantau.”

Pada saat yang sama Ketua Umum PB MABMI Prof. Datuk Seri Dr. H. OK Saidin, SH, M.Hum, yang diwakili oleh Sekretaris Umum PB MABMI, Dato’ Dr. Milhan Yusuf, dalam arahannya berharap pada PW MABMI Atjeh agar menjadi organisasi yang bisa semakin luas jangkauannya di Atjeh dan membangun komunikasi dengan instansi pemerintah Aceh dan pihak lainnya.

“Ke depannya kami berharap MABMI Atjeh dapat mendirikan kepengurusan Pengurus Daerah dan Pengurus Cabang di seluruh Atjeh, agar MABMI Atjeh lebih dekat ke masyarakat sekitarnya,” ujarnya.

Prosesi acara ini juga dilakukan Penyerahan bendera pataka MABMI sebagai simbol tanggung jawab dan amanah yang diemban oleh pengurus baru kepada Ketua Mabmi Atjeh Darussalam dhadapan semua undangan.

Turut hadir dalam acara ini, Paduka Seri Baginda Duli Yang Maha Mulia Tuanku Muhammad ( I ) ZN Al-Haj, Pemegang dan Pengemban Amanah Diradja Keradjaan Atjeh Darussalam dan beberapa tamu kehormatan dari Thailand.

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: