HeadlineInternasionalNews

Bahasa Aceh Kini Tersedia di Google Translate, Yuk Cobain

×

Bahasa Aceh Kini Tersedia di Google Translate, Yuk Cobain

Sebarkan artikel ini
Bahasa Aceh di google translate
Bahasa Aceh di google translate

Habanusantara.net — Kabar gembira bagi masyarakat Aceh dan wisatawan yang berkunjung ke Aceh! Kini, bahasa Aceh resmi tersedia di Google Translate.

Langkah ini diharapkan dapat mempermudah komunikasi dan pelestarian bahasa daerah, serta meningkatkan akses informasi bagi penutur bahasa Aceh di seluruh dunia.

Bahasa Aceh adalah bahasa yang kaya dengan sejarah dan budaya, dan menjadi bagian penting dari identitas masyarakat Aceh.

Dengan tersedianya bahasa Aceh di Google Translate, tidak hanya penutur asli yang diuntungkan, tetapi juga para pelajar, peneliti, dan siapa saja yang tertarik mempelajari bahasa dan budaya Aceh.

Keberadaan bahasa Aceh di platform terjemahan digital ini juga dapat meningkatkan visibilitas dan eksistensi bahasa tersebut di kancah internasional.

Sebelumnya, proses penambahan bahasa Aceh ke Google Translate melibatkan kolaborasi antara Google dan sejumlah pakar bahasa, lembaga kebudayaan, serta komunitas Aceh.

Mereka bekerja sama untuk memastikan akurasi dan keakuratan terjemahan, sehingga bahasa Aceh bisa digunakan dengan baik dan benar dalam berbagai konteks.

“Ini adalah langkah besar dalam upaya pelestarian dan pengembangan bahasa daerah kita. Dengan tersedianya bahasa Aceh di Google Translate, kita berharap generasi muda semakin tertarik untuk mempelajari dan menggunakan bahasa Aceh dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Ismail, ST., MM, seorang dosen IT disalahkan satu Perguruan Tinggi Swasta di Banda Aceh

Para pengguna Google Translate kini dapat menerjemahkan kata, frasa, atau bahkan paragraf dari dan ke bahasa Aceh. Fitur ini tersedia baik di versi desktop maupun aplikasi mobile, sehingga memudahkan pengguna untuk mengaksesnya kapan saja dan di mana saja.

Pengguna hanya perlu memilih bahasa Aceh dari daftar bahasa yang tersedia di Google Translate, kemudian memasukkan teks yang ingin diterjemahkan.

Tidak hanya itu, tersedianya bahasa Aceh di Google Translate juga memberikan manfaat bagi pariwisata di Aceh.

Wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Aceh kini dapat lebih mudah berkomunikasi dengan penduduk lokal, memahami budaya, dan menikmati pengalaman mereka secara lebih mendalam.

Ini tentunya dapat meningkatkan minat wisatawan untuk datang dan mengeksplorasi keindahan serta kekayaan budaya Aceh.

“Kami sangat bersyukur dan bangga dengan adanya fitur bahasa Aceh di Google Translate. Ini akan sangat membantu kami dalam menyambut wisatawan dan memperkenalkan kekayaan budaya Aceh kepada dunia,” kata Rahmad, seorang pemandu wisata di Banda Aceh.

Selain manfaat praktis, langkah ini juga memiliki dampak jangka panjang dalam upaya melestarikan bahasa Aceh. Dalam era digital ini, bahasa daerah sering kali terancam punah karena kurangnya penggunaan dan dokumentasi.

Dengan adanya bahasa Aceh di platform global seperti Google Translate, bahasa ini mendapatkan kesempatan untuk terus digunakan dan dikenal oleh generasi mendatang.

Untuk memaksimalkan manfaat dari fitur ini, masyarakat Aceh diharapkan dapat aktif menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, kontribusi dari para ahli bahasa dan komunitas juga tetap diperlukan untuk terus memperbarui dan menyempurnakan terjemahan, sehingga Google Translate dapat menjadi alat yang semakin akurat dan berguna.

“Peran serta masyarakat sangat penting dalam menjaga kelestarian bahasa kita. Kami mengajak semua pihak untuk berpartisipasi aktif dalam menggunakan dan memperbaiki fitur terjemahan ini,” tambah Husni.

“Bek malee meututoe Bahasa Aceh Sesama Keudro-keudro. Tanyo Harus Ta Cinta Keu Bahasa Droe dan Budaya Droe. Google mantong mengakui Bahasa Aceh, (Jangan malu untuk saling berbicara bahasa Aceh. Kita Harus Mencintai Bahasa dan Budaya Kita Sendiri. Google mengenali bahasa Aceh-red)” tegas Husni Alamsyah, Kepala Bidang Budaya Disdikbud Kota Banda Aceh.

Bagi Anda yang ingin mencoba fitur baru ini, caranya sangat mudah. Buka aplikasi Google Translate atau kunjungi situs webnya, pilih bahasa Aceh dari daftar bahasa, dan mulai masukkan teks yang ingin diterjemahkan. Yuk, cobain sekarang dan turut serta dalam pelestarian bahasa Aceh!

Dengan demikian, hadirnya bahasa Aceh di Google Translate bukan hanya sekadar fitur tambahan, tetapi juga langkah penting dalam memperkuat identitas budaya dan bahasa Aceh di era digital. Semoga langkah ini menjadi inspirasi bagi pelestarian bahasa daerah lainnya di Indonesia.

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: