Wisata

Indeks Pariwisata: Indonesia Melesat, Ungguli Thailand dan Malaysia

×

Indeks Pariwisata: Indonesia Melesat, Ungguli Thailand dan Malaysia

Sebarkan artikel ini

Habanusantara.net – Indonesia mengukir prestasi menggembirakan pada sektor pariwisata, yang melampaui Thailand dan Malaysia dalam Indeks Pembangunan Pariwisata dan Perjalanan (Travel and Tourism Development Index/TTDI).

Dalam siaran pers Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), disampaikan bahwa Indonesia berhasil melonjak 10 peringkat dalam TTDI, menempatkannya pada peringkat ke-22 di tingkat global.

Menurut Menparekraf Sandiaga Uno, pencapaian ini menunjukkan bahwa Indonesia mampu bersaing secara global dalam industri pariwisata.

“Indonesia kembali melampaui Malaysia, Thailand, dan Vietnam dalam daya saing pariwisata,” ungkapnya, dikutip Kamis 23 Mei 2024.

Peningkatan peringkat tersebut sebesar 4,46 persen dari posisi sebelumnya, yaitu dari peringkat ke-32 menjadi ke-22.

“Dengan demikian, jangan merasa rendah diri terhadap negara-negara lain dalam hal pariwisata, karena kita sudah berada di posisi 22 besar dunia,” tambah Sandiaga.

Selain itu, efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dalam sektor pariwisata diakui sebagai faktor penting dalam kesuksesan Indonesia. Sandiaga menegaskan bahwa program dan kebijakan yang diterapkan oleh Kemenparekraf telah tepat sasaran, manfaat, dan waktu.

Peningkatan ini juga berdampak langsung pada sektor ekonomi kreatif dan menciptakan lapangan kerja, serta mempercepat pemulihan ekonomi.

“Meskipun dengan anggaran yang efisien, kita dapat terus berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi,” ujar Sandiaga, menekankan pentingnya semangat adaptasi, inovasi, dan kolaborasi dalam menghadapi tantangan di masa mendatang.

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: