NasionalNewsOlahraga

Liputan PON XXI, Wartawan Jabar Dapatkan Cukup Info dari SIWO Aceh 

×

Liputan PON XXI, Wartawan Jabar Dapatkan Cukup Info dari SIWO Aceh 

Sebarkan artikel ini
SIWO Aceh, Sumut, Jabar berpose bersama Ketua PWI, Pengurus KONI Jabar usai diskusi jelang PON di Cendana Resto, Bandung, Selasa (20/2/2024). Foto : Dok SIWO Jabar.

Habanudantara.net, Bandung – Para wartawan dari Jawa Barat mendapat gambaran dan masukan tentang persiapan dan pelaksanaan PON XXI/2024 untuk peliputan dari SIWO Aceh dan Sumut pada diskusi jelang perhelatan multi event olahraga nasional empat tahunan di Cendana Resto, Bandung, Jawa Barat, Selasa (20/2/2024).

Diskusi yang diprakarsai Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Jawa Barat ini menghadirkan masing -masing tiga utusan dari SIWO Aceh dan Sumut, Ketua Harian KONI Jawa Barat, Arief Prayitno, Sekretaris Umum, Gianto Hartono dan sejumlah pengurus serta diikuti puluhan wartawan berbagai media daerah tersebut.

Para wartawan Jawa Barat mendapatkan informasi persiapan tuan Aceh – Sumut terutama soal dukungan untuk kelancaran tugas-tugas peliputan PON yaitu kesiapan media centre serta perangkat informasi dan komunikasi (IT), mekanisme legalisasi wartawan peliput PON.

Termasuk menanyakan juga persiapan, lokasi venue (tempat pertandingan) masing -masing 33 cabang olahraga di Aceh dan Sumatera Utara, ketersediaan transportasi, akomodasi (penginapan, perhotelan), konsumsi hingga keamanan dan wisata.

Utusan SIWO Aceh Saifullah, Sudirman Mansyur, Nurdinsyam dan SIWO Sumut,Jhoni Ramadhan Silalahi, Holomoan Samosir, Pujianto menyampaikan soal media centre sudah disiapkan oleh Panitia Besar (PB) PON dan terjangkau untuk mendukung peliputan.

Tentang wartawan peliputan PON ada bimbingan teknis (Bimtek). PON-PON sebelumnya masing-masing Kontingen membawa wartawan yang merupakan dari bagian official. Mekanismenya para wartawan didaftarkan ke panitia dengan persyaratan diantaranya memiliki kartu uji kompetensi, media telah terverifikasi di dewan pers

SIWO Aceh dan Sumut juga menjelaskan, soal persiapan venue yang saat ini pembangunannya sedang dalam pengerjaan, diperkirakan bisa selesai dan digunakan pada pelaksanaan PON yang pembukaannya dimulai 8 September 2024.

Mengenai akomodasi, disebutkan, penginapan dan hotel cukup tersedia di Aceh dan Sumatera Utara. “Hotel mulai dari yang kecil sampai yang berbintang banyak di Sumatera Utara,” ujar Jhoni Ramadhan Silalahi.

“Untuk penginapan cukup tersedia di kabupaten/kota di Aceh yang menjadi tempat pagelaran pertandingan. Begitu juga Aceh cukup nyaman dan aman,” ujar Nurdinsyam.

SIWO Aceh, Sumut juga menjelaskan lokasi, jarak venue yang mudah diakses dan  terjangkau melalui jalur darat maupun udara.

Ketua SIWO Jawa Barat, Cemerlang Awal menyebutkan, diskusi ini diadakan agar rekan – wartawan di Jabar mendapat informasi tentang persiapan dan pelaksanaan PON untuk memudahkan peliputan.

Ketua Harian KONI Jawa Barat, Arief Prayitino melalui kegiatan ini, para wartawan terutama dari Jabar mendapat informasi berbagai persiapan menjelang dan pelaksanaan PON.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Umum KONI Jabar Gianto Hartono mengapresiasi kunjungan Siwo PWI Banda Aceh dan Sumatera Utara ke Jawa Barat. Ia juga berterima kasih kepada Siwo PWI Jabar yang mengadakan diskusi.

“Kami jadi tahu lebih banyak tentang persiapan dua daerah penyelenggara PON XXI. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih. Kami berharap mudah-mudahan Aceh dan Sumatera Utara sukses menggelar PON September nanti,” ujar Gianto Hartono.

Ketua PWI Jabar, Hilman Hidayat menyebutkan, kerjasama SIWO PWI dengan KONI sudah ada sejak lahirnya induk organisasi cabang -cabang olahraga ini. Pelaksanaan PON bukan hanya potensi  prestasi pertandingan juga bisnis. (Sudirman Mansyur).

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close