Headline

Aceh Besar Raih Juara 2 Pekan Kebudayaan Aceh ke-8

×

Aceh Besar Raih Juara 2 Pekan Kebudayaan Aceh ke-8

Sebarkan artikel ini

Habanusantara.net – Pemerintah Kabupaten Aceh Besar meraih prestasi gemilang dengan meraih juara kedua pada ajang Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8. Keberhasilan ini diumumkan oleh Ketua Dewan Juri, Prof Dr H Nazaruddin Awe MA, dalam acara penutupan yang digelar di Taman Sulthanah Safiatuddin, Banda Aceh, pada Minggu, 12 November 2023.

Sementara itu, Kabupaten Aceh Selatan berhasil mempertahankan gelar juara umum PKA-8. Posisi ketiga diraih oleh Kabupaten Bireuen, diikuti oleh Aceh Barat, Aceh Utara, dan Kota Banda Aceh sebagai juara harapan 1 sampai 3.

Pertarungan ketat terjadi antara Aceh Besar dan Aceh Selatan, keduanya meraih juara pertama pada empat cabang lomba. Namun, Aceh Besar harus puas berada di posisi kedua karena penilaian dewan juri menyatakan anjungan budaya Aceh Selatan lebih unggul.

Dalam lomba anjungan PKA-8, Kabupaten Aceh Selatan berhasil meraih total poin sebanyak 1.956, sedangkan Aceh Besar hanya berada sedikit di bawahnya dengan 1.945 poin. Di posisi ketiga terdapat Kabupaten Aceh Tengah dengan nilai 1.925, diikuti oleh Kota Sabang dan Kabupaten Simeulue dengan masing-masing 1.770 dan 1.730 poin.

Muhammad Iswanto, Penjabat Bupati Aceh Besar, menyampaikan rasa syukurnya atas prestasi yang diraih oleh seluruh elemen Kabupaten Aceh Besar dalam PKA 8. Ia mengucapkan terima kasih kepada jajaran Forkopimda Aceh Besar dan OPD Aceh Besar, khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, yang telah mendukung penuh seluruh upaya untuk meraih prestasi terbaik.

“Sangat diapresiasi usaha tim yang telah memberikan yang terbaik pada setiap rangkaian lomba. Meskipun masih ada bidang yang belum sesuai harapan, hasil ini tetap menjadi yang terbaik untuk kita semua,” ujar Iswanto.

Isawanto juga memberikan apresiasi tinggi kepada dewan juri yang dinilainya sebagai orang-orang yang profesional dan berpengalaman. Dalam kesempatan yang sama, ia memohon maaf atas kekurangan yang mungkin terjadi selama penyelenggaraan PKA 8, khususnya dalam melayani dan memberikan penjelasan terhadap materi pameran.

Acara penutupan PKA 8 di Taman Sulthanah Safiatuddin, pada Minggu, 12 November 2023, dihadiri oleh Penjabat Gubernur Aceh yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Aceh, Bustami Hamzah. Sekda Bustami Hamzah menutup PKA 8 dengan menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang turut berpartisipasi dalam meramaikan acara budaya tersebut.

“Sangat membanggakan bahwa acara ini mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat. Ini adalah kehormatan bagi kami, dan semoga PKA senantiasa menjadi sumber inspirasi untuk pengembangan seni budaya Aceh,” kata Sekda Bustami Hamzah.

Dia berharap agar Pekan Kebudayaan Aceh dapat terus berkontribusi dalam pelestarian dan pengembangan seni budaya Aceh, serta menjadi ajang pertemuan antara produsen dan konsumen produk khas Aceh. Dengan demikian, PKA diharapkan dapat memainkan peran penting dalam mendukung kesejahteraan masyarakat Aceh.

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: