DaerahHeadline

Dekranasda Aceh Pamer Produk Unggulan 4 Kabupaten di Kriyanusa 2023

×

Dekranasda Aceh Pamer Produk Unggulan 4 Kabupaten di Kriyanusa 2023

Sebarkan artikel ini
Pj Ketua Dekranasda Aceh Ny Ayu Marzuki Saat Foto Bersama Di Stand Aceh Besar Saat Mengunjungi Satu Persatu Stand Aceh Yang Tampil Di Pameran Kerajinan Nusantara kriyanusa Di Jakarta Convention Center jcc Senayan Jakarta Rabu 1392023
Pj Ketua Dekranasda Aceh, Ny. Ayu Marzuki saat foto bersama di stand Aceh Besar saat mengunjungi satu persatu stand Aceh yang tampil di Pameran Kerajinan Nusantara (Kriyanusa) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Rabu, (13/9/2023).

Habanusantara.net – Pameran Kerajinan Nusantara (Kriyanusa) tahun 2023 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, telah dibuka dengan meriah.

 

Tahun ini, Aceh tampil mengesankan dengan membawa empat kabupaten sebagai perwakilan yang turut memeriahkan acara bergengsi itu.

 

Ny. Ayu Marzuki, Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Aceh, menyampaikan bahwa Aceh memamerkan kekayaan kerajinan dari empat kabupaten yang dipilih. Keempat kabupaten tersebut adalah Aceh Besar, Bener Meriah, Lhokseumawe, dan Nagan Raya.

 

Pada peresmian Kriyanusa tahun 2023 yang dihadiri oleh Ibu Negara, Hj. Iriana Joko Widodo, Ny. Ayu Marzuki menjelaskan produk-produk unggulan yang dibawa oleh Aceh. Dari Aceh Besar, terdapat produk anyaman bili, rotan, dan songket solanda yang menjadi daya tarik.

Sementara Bener Meriah dan Lhokseumawe menampilkan produk bordir dan kerajinan eceng gondok yang memukau. Kabupaten Nagan Raya juga ikut serta dalam pameran dengan produk kerajinan batok kelapa dan batu giok yang mencuri perhatian pengunjung.

 

Ny. Ayu Marzuki memberikan apresiasi pada empat kabupaten yang terus berinovasi dalam menciptakan kreasi baru dalam dunia kerajinan khas Aceh. Contohnya adalah Aceh Besar yang berhasil menghasilkan produk baru berupa songket dan tenun dengan memanfaatkan serat dari urat pisang, yang kemudian diberi nama sulaman songket daerah atau solanda.

 

Harapannya adalah agar Dekranasda di kabupaten-kabupaten lain juga dapat mengikuti jejak keempat kabupaten tersebut dan terus berinovasi dalam menciptakan kerajinan baru yang mengangkat kekayaan budaya dan tradisi Aceh.

Kriyanusa tahun 2023 diharapkan menjadi wadah untuk mempromosikan dan memperkenalkan potensi kerajinan Aceh kepada masyarakat luas. Pameran ini akan berlangsung hingga tanggal 17 September 2023, memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi keindahan dan keberagaman kerajinan Nusantara.[]

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: