NewsPendidikan

Kemenkominfo Bantu Gen Z Sumatera: Literasi Digital & Karakter

×

Kemenkominfo Bantu Gen Z Sumatera: Literasi Digital & Karakter

Sebarkan artikel ini

Habanusantara.net, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) kembali menjalankan program literasi digital nasional dengan fokus pada sektor pendidikan di wilayah Sumatera.

 

Kali ini, program tersebut menyasar pelajar SD dan SMP di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan bertajuk “Pendidikan Karakter Generasi Z di Era Digital” ini dijadwalkan berlangsung pada Selasa, 29 Agustus 2023, mulai pukul 10.00 hingga 12.00 WIB.

Tujuan utama dari program literasi digital yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo adalah memberikan pemahaman mengenai literasi digital kepada masyarakat Indonesia, dengan target mencapai 50 juta individu menjelang tahun 2024 dalam kampanye Indonesia #MakinCakapDigital.

 

Acara literasi digital ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman. Fokus dilakukan melalui empat pilar literasi digital utama, yaitu kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital.

Berdasarkan data yang diungkapkan oleh We Are Social, Indonesia mencatat angka pengguna internet sebesar 204,7 juta orang pada Januari 2022, dengan peningkatan sebanyak 2,1 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya. Dari angka tersebut, sekitar 191,4 juta orang merupakan pengguna aktif media sosial.

 

Namun, kemajuan dalam pemanfaatan teknologi digital juga membawa berbagai risiko, yang membuat pentingnya upaya literasi digital untuk memberikan pemahaman dan panduan bagi masyarakat agar mereka mampu menggunakan teknologi digital secara bijak.

Melalui hasil survei Indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan oleh Kemenkominfo bersama dengan Katadata Insight Center (KIC), ditemukan bahwa tingkat literasi digital masyarakat Indonesia pada tahun 2022 berada pada skor 3,54 dari skala 1 hingga 5. Skor tersebut menggambarkan bahwa literasi digital masih berada pada kategori sedang.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, menegaskan bahwa meskipun terdapat peningkatan, Indonesia masih memiliki ruang untuk meningkatkan literasi digital.

 

“Angka ini memang perlu ditingkatkan secara berkelanjutan, dan ini adalah tugas bersama untuk membekali masyarakat dengan kemampuan literasi digital yang lebih baik,” ungkapnya melalui sebuah pernyataan dalam format virtual.

Kegiatan literasi digital ini akan disajikan dalam bentuk nonton bareng (nobar), dengan sederet narasumber yang ahli di bidangnya.

 

Acara akan dimulai dengan sambutan dari Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan. Selain itu, Dr. Astri Dwi Andriani, M.I.Kom. (Rektor UNPI Cianjur) dan Muriadi, S.Pd, SH, M.Pd (Ketua Dewan Pendidikan Kab. Deli Serdang) juga akan turut berbicara. Muhammad Hafidz Al-Furqan, seorang Key Opinion Leader (KOL) dan kreator konten, juga akan berbagi pandangan sebagai seorang influencer.

 

Dalam acara tersebut, juga akan hadir Siti Kusherkatun, S.Pd.I, yang akan memberikan pandangan melalui bahasa isyarat. Kegiatan akan dipandu oleh Nurramadhani Harahap, S.Ei, M.E sebagai pembawa acara, serta akan ada peran moderator dari Sonaria.

Pentingnya pendidikan karakter pada Generasi Z di era digital akan menjadi topik utama dalam acara tersebut. Di tengah merebaknya penggunaan teknologi dan internet, pendidikan karakter menjadi hal yang semakin penting untuk membekali generasi muda dengan nilai-nilai positif.

 

Dengan kehadiran literasi digital yang baik, Generasi Z diharapkan mampu tumbuh menjadi individu yang bertanggung jawab dan berkarakter baik, serta mampu memberikan kontribusi positif dalam era digital saat ini.

Kegiatan literasi digital ini berupaya memberikan wawasan mendalam tentang pendidikan karakter Generasi Z di era digital. Fokus pada pilar etika digital, budaya digital, dan solusi menghadapi perubahan zaman yang cepat, diharapkan dapat membantu peserta memahami pentingnya pendidikan karakter yang terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di era digital.

Bagi mereka yang ingin mengikuti acara ini, pendaftaran dapat dilakukan melalui tautan https://s.id/pend_sumut2908. Acara webinar akan diselenggarakan melalui link Zoom di https://s.id/zoom_sumut2908.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan literasi digital ini dan informasi terkait literasi digital dapat ditemukan di media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Literasi Digital Kominfo, Youtube @literasidigitalkominfo, dan website literasidigital.id.

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close