Headline

Peringati HLH, SBA Perkenalkan Program Rumoh Pilah Broh untuk Pengelolaan Sampah

×

Peringati HLH, SBA Perkenalkan Program Rumoh Pilah Broh untuk Pengelolaan Sampah

Sebarkan artikel ini

* Ajak Masyarakat Sedekah Sampah

Habanusantara.net– Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024, PT Solusi Bangun Andalas (SBA) menggelar kegiatan Aksi Sedekah Sampah Bersama (Aksi SESAMA) di Pabrik Lhoknga. Acara yang berlangsung pada tanggal 5 Juni 2024 ini diikuti oleh para karyawan, kontraktor, dan penerima manfaat program CSR SBA.

Aksi SESAMA merupakan program inisiatif dari PT Solusi Bangun Indonesia Tbk sejak tahun 2023. Dalam kegiatan ini, peserta diajak untuk memilah dan membawa sampah terpilah dari lingkungan kantor atau rumah mereka. Sampah tersebut kemudian disedekahkan kepada Bank Sampah Generasi Milenial (Basagemil), sebuah lembaga binaan CSR SBA yang berfokus pada pengelolaan sampah.

General Manager SBA, Mochamad Anwar Bakti, mengungkapkan rasa syukur atas antusiasme peserta. “Alhamdulillah, kegiatan Aksi SESAMA ini disambut dengan antusias oleh seluruh peserta. Terbukti dengan banyaknya jumlah sampah yang terkumpul sebanyak 407,1 kg sampah, yang terdiri dari sampah kertas sebanyak 148,5 kg, sampah plastik sebanyak 51,9 kg, sampah kardus sebanyak 202,7 kg, dan kain sebanyak 4 kg. Ini merupakan aksi nyata yang kami harapkan dapat menginspirasi masyarakat untuk ikut serta menjaga keberlangsungan lingkungan mulai dari hal yang mudah,” tuturnya.

Program ini tidak hanya mengumpulkan sampah, tetapi juga memberikan pendidikan lingkungan kepada masyarakat. Mawar (45), seorang warga Desa Kueh, Kemukiman Kueh, yang merupakan penerima manfaat CSR SBA, menyampaikan apresiasinya. “Kami merupakan pengelola program doorsmeer dari CSR SBA yang sudah ikut mengumpulkan sampah plastik sejak 4 bulan yang lalu. Satu persatu kami kumpulkan sampah plastik yang ada di doorsmeer demi dapat berkontribusi dalam menjaga bumi yang lebih baik. Terima kasih SBA sudah melibatkan kami dalam kegiatan ini,” ujar Mawar.

Selain Aksi SESAMA, SBA juga meluncurkan program baru bernama Rumoh Pilah Broh (Rumah Pemilahan Sampah) atau RPB. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat dalam memilah sampah dengan baik dan benar. Kegiatan peluncuran ini dilakukan di Balee Resort Tebing Lampuuk dan dihadiri oleh tim SBA, Dinas Lingkungan dan Kehutanan Kab. Aceh Besar, tokoh masyarakat, serta 40 kepala keluarga di area sekitar RPB.

Pada acara ini, peserta mendapatkan sosialisasi tentang cara pemilahan sampah dan mekanisme kerja RPB. Selain itu, dilakukan penyerahan 100 tong sampah yang akan diletakkan di rumah-rumah warga dan titik-titik strategis di area RPB. Tafaul Rijal, GA & Comrel Manager SBA, dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar program ini dapat berjalan lancar. “Kami berharap program RPB ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Program yang akan dikelola oleh Basagemil dan masyarakat ini menitikberatkan pada aktivitas pemilahan sampah organik dan an-organik yang akan dilakukan oleh masyarakat di sekitar area RPB. Program ini merupakan proyek percontohan pertama yang kita lakukan, nantinya akan kita evaluasi dan lihat perkembangannya,” jelasnya.

Program RPB merupakan langkah nyata SBA dalam mengatasi permasalahan sampah di Indonesia. Melalui pendekatan berbasis komunitas, program ini mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pengelolaan sampah. Tafaul Rijal menambahkan, “Harapannya, masyarakat dapat rutin dalam melakukan pemilahan sampah secara mandiri dan nanti akan ada tim Basagemil yang mengambil sampah-sampah yang telah dikumpulkan oleh masyarakat di RPB secara rutin setiap tiga kali seminggu. Mari kita mulai memilah sampah dari rumah, sehingga dapat ikut berkontribusi dalam pengelolaan sampah demi menjaga keberlangsungan lingkungan yang lebih baik,” ajaknya.

Program-program seperti Aksi SESAMA dan RPB tidak hanya berfokus pada pengumpulan sampah, tetapi juga pada edukasi dan pemberdayaan masyarakat. Dengan melibatkan berbagai pihak, dari karyawan hingga masyarakat sekitar, SBA menunjukkan komitmennya dalam menjaga lingkungan. Inisiatif ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain dalam mendukung upaya pelestarian lingkungan.

Dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat, SBA juga berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan dan Kehutanan serta tokoh masyarakat setempat. Kolaborasi ini diharapkan dapat memperkuat implementasi program dan memastikan keberlanjutan aktivitas pengelolaan sampah di wilayah tersebut.

Dengan semangat kolaboratif dan inovatif, SBA terus berupaya mengembangkan program-program yang berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat. Melalui Aksi SESAMA dan Rumoh Pilah Broh, SBA berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam mengurangi timbulan sampah dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini menjadi momentum penting bagi SBA untuk mempertegas komitmennya dalam menjaga kelestarian lingkungan. Melalui berbagai inisiatif dan program solutif, SBA bertekad untuk terus berperan aktif dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat bagi generasi mendatang[]

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: