ADVERTORIAL

Dua Siswa Banda Aceh Lolos Seleksi Paskibraka Nasional 2024

×

Dua Siswa Banda Aceh Lolos Seleksi Paskibraka Nasional 2024

Sebarkan artikel ini
Foto/dok Kesbanpol Kota Banda Aceh Foto Bersama Kaban Kesbanpol Kota Banda Aceh Heru Triwijanarko bersama Siswa dan Siswi Asal Kota Banda Aceh yang lolos Seleksi Paskibraka Nasional 2024
Foto/dok Kesbanpol Kota Banda Aceh Foto Bersama Kaban Kesbanpol Kota Banda Aceh Heru Triwijanarko bersama Siswa dan Siswi Asal Kota Banda Aceh yang lolos Seleksi Paskibraka Nasional 2024

Habanusantara.net, Dua siswa dari Banda Aceh, Faiza Pratama dari SMA Negeri 3 Banda Aceh dan Cut Zalfa Safira dari SMA Negeri 10 Fajar Harapan, telah berhasil lolos seleksi ketat untuk menjadi perwakilan Provinsi Aceh di seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Nasional Tahun 2024.

Mereka akan bersaing dengan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia untuk menjadi anggota Paskibraka yang akan bertugas pada upacara detik-detik proklamasi HUT Kemerdekaan RI ke-79 di Ibu Kota Negara (IKN).

Seleksi yang berlangsung sejak 6 hingga 12 Mei 2024 di Hotel Lading Banda Aceh ini diselenggarakan oleh Kesbangpol Provinsi Aceh.

Seleksi ini meliputi berbagai tahapan mulai dari ujian online, tes wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum, tes kesehatan, tes parade, tes Peraturan Baris-Berbaris (PBB), tes kesamaptaan, hingga tes kepribadian dan minat bakat.

Melalui proses yang sangat ketat tersebut, Faiza dan Cut Zalfa berhasil menunjukkan kemampuan terbaik mereka, mengalahkan banyak pesaing dari seluruh Aceh.

Selain dua siswa dari Banda Aceh, Provinsi Aceh juga mengirimkan dua perwakilan lainnya yaitu Muhammad Yusran Ar-Razzaq dari Kabupaten Aceh Selatan dan Dzawata Maghfira Zukhri dari Kabupaten Aceh Besar.

Keempat siswa ini akan berangkat ke Jakarta pada tanggal 6 Juni 2024 untuk mengikuti seleksi tingkat pusat.

Heru Triwijanarko, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Banda Aceh, menyampaikan rasa syukur dan bangganya atas terpilihnya Faiza dan Cut Zalfa.

“Alhamdulillah, perwakilan kota Banda Aceh lolos untuk mengikuti seleksi Capaskib Tingkat Nasional. Mereka akan berangkat tanggal 6 Juni 2024 ke Jakarta,” ucap Heru

Heru juga menambahkan bahwa tahun ini adalah pertama kalinya seleksi calon Paskibraka di tingkat kota Banda Aceh dilaksanakan oleh Kesbangpol. Sebelumnya, kegiatan ini dilakukan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Banda Aceh.

“Ini adalah langkah baru dan semoga bisa memberikan hasil yang lebih baik lagi. Kami berharap doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Kota Banda Aceh agar Faiza Pratama dan Cut Zalfa Safira bisa terpilih menjadi Paskibraka Tingkat Nasional tahun 2024,” tambah Heru.

Faiza Pratama dan Cut Zalfa Safira merupakan siswa-siswi yang memiliki semangat tinggi untuk berkontribusi dalam upacara kenegaraan.

Mereka telah melalui berbagai latihan dan pembinaan untuk mempersiapkan diri mengikuti seleksi tingkat nasional.
“Saya sangat bersyukur dan bangga bisa terpilih untuk mengikuti seleksi Paskibraka Nasional. Ini adalah kesempatan besar bagi saya untuk belajar lebih banyak dan berkontribusi bagi negara,” ujar Faiza dengan penuh semangat.

Cut Zalfa Safira juga mengungkapkan kebahagiaannya. “Ini adalah impian saya sejak lama. Saya akan berusaha sebaik mungkin dan semoga bisa memberikan yang terbaik untuk Aceh,” katanya.

Masyarakat Banda Aceh dan sekitarnya turut memberikan dukungan penuh kepada para siswa ini. Berbagai pihak, termasuk sekolah, keluarga, dan teman-teman, terus memberikan motivasi dan doa agar mereka bisa sukses di tingkat nasional.

Dalam seleksi tingkat provinsi, para calon Paskibraka tidak hanya diuji fisik dan mental, tetapi juga harus menunjukkan pengetahuan tentang kebangsaan dan kemampuan intelektual yang tinggi.

Seleksi ini bertujuan untuk memastikan bahwa mereka yang terpilih benar-benar memiliki kualifikasi yang diperlukan untuk menjadi bagian dari Paskibraka Nasional, yang merupakan simbol kebanggaan dan kehormatan bangsa.

Paskibraka adalah pasukan yang bertugas mengibarkan bendera Merah Putih pada upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Menjadi bagian dari Paskibraka bukan hanya sebuah kehormatan, tetapi juga tanggung jawab besar karena mereka mewakili semangat dan nilai-nilai kebangsaan di hadapan seluruh rakyat Indonesia.

Proses seleksi yang panjang dan ketat ini menunjukkan betapa seriusnya pemerintah dalam memilih para pemuda-pemudi terbaik untuk tugas mulia ini.

Kesbangpol Banda Aceh berharap bahwa perwakilan dari Aceh bisa mengharumkan nama daerah mereka di tingkat nasional dan memberikan inspirasi bagi generasi muda lainnya untuk berprestasi dan berkontribusi bagi bangsa dan negara.

Mereka berharap bahwa semangat juang dan dedikasi tinggi yang ditunjukkan oleh Faiza dan Cut Zalfa bisa membawa mereka meraih kesuksesan di seleksi nasional nanti.

Dengan segala persiapan yang telah dilakukan, Faiza Pratama dan Cut Zalfa Safira siap berangkat ke Jakarta dan menunjukkan kemampuan terbaik mereka.

Mereka membawa harapan besar dari masyarakat Banda Aceh dan Aceh pada umumnya untuk bisa terpilih sebagai anggota Paskibraka Nasional tahun 2024. Semoga mereka bisa mengukir prestasi gemilang dan menjadi teladan bagi pemuda-pemudi Indonesia lainnya.[Adv]

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: