ADVERTORIAL

Bakesbangpol Banda Aceh Mulai Seleksi Anggota Paskibraka Tahun 2024

×

Bakesbangpol Banda Aceh Mulai Seleksi Anggota Paskibraka Tahun 2024

Sebarkan artikel ini
Para peserta sedang mengikut proses seleksi paskibraka tingkat Kota Banda Aceh [Foto/Dok Kesbanpol]

Habanusantara.net– Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Banda Aceh bekerja sama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP) telah memulai tahapan seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk persiapan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) tahun 2024. Proses seleksi ini merupakan bagian penting dalam memastikan kesuksesan upacara peringatan kemerdekaan yang berlangsung setiap tahunnya.

puluhan siswa-siswi dari berbagai sekolah menengah atas di Kota Banda Aceh antusias ikut seleksi Paskibraka ditingkat Kota Banda Aceh untuk memperebut posisi untuk menjadi pasungan pengibaran bendera ditingkat propinsi dan nasional.

Seleksi calon Paskibraka dimulai sejak minggu pertama bulan Februari hingga minggu keempat bulan April untuk tingkat kabupaten/kota. Proses seleksi kemudian dilanjutkan pada tahapan seleksi tingkat provinsi dari minggu ketiga bulan April hingga minggu keempat bulan Mei 2024.

Tahapan ini bertujuan untuk memilih calon Paskibraka yang memiliki dedikasi, integritas, dan kualitas yang memadai untuk menjalankan tugas pengibaran dan penurunan bendera pusaka dengan penuh kehormatan dan kebanggaan.

Untuk menjadi calon Paskibraka 2024, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Calon harus merupakan Warga Negara Indonesia dengan usia minimal 16 tahun dan maksimal 18 tahun, serta pelajar kelas X. Calon juga harus memperoleh izin tertulis dari kepala sekolah dan persetujuan dari orang tua atau wali. Selain itu, calon Paskibraka harus mengisi dan menandatangani surat pernyataan kesediaan untuk mematuhi peraturan yang berlaku dalam pembentukan dan pelaksanaan tugas Paskibraka tahun 2024.

Calon Paskibraka harus memiliki nilai akademik minimal berkategori baik serta sehat jasmani dan rohani, yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari fasilitas kesehatan setempat. Syarat fisik lainnya termasuk memiliki berat dan tinggi badan yang ideal sesuai ketentuan: minimal 170 cm dan maksimal 180 cm untuk pelajar putra, serta minimal 165 cm dan maksimal 175 cm untuk pelajar putri. Bentuk kaki juga harus memenuhi standar tertentu.

Heru Triwijanarko, Kepala Badan Kesbangpol Banda Aceh, menyatakan bahwa proses seleksi Calon Paskibraka ini merupakan upaya membangun karakter generasi muda Indonesia yang tangguh, disiplin, dan memiliki rasa kebangsaan yang tinggi. “Melalui tugas mulia sebagai pengibar bendera pusaka, para Paskibraka diharapkan dapat menjadi teladan bagi sesama pemuda Indonesia dalam mencintai dan menghormati simbol-simbol kebangsaan serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Heru.

Proses seleksi meliputi berbagai tahapan mulai dari ujian online, tes wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum, tes kesehatan, tes parade, tes Peraturan Baris-Berbaris (PBB), tes kesamaptaan, hingga tes kepribadian dan minat bakat. Calon Paskibraka juga wajib mengikuti tes parade, yang merupakan pengamatan visual terhadap postur tubuh, serta tes PBB yang melibatkan latihan fisik untuk menanamkan disiplin. Tes kesamaptaan meliputi lari, pull-up, sit-up, dan lain-lain. Uniknya, calon Paskibraka juga mendapat nilai tambah jika memiliki bakat dan pengetahuan tentang seni budaya daerahnya masing-masing.

Seleksi calon peserta Paskibraka dilakukan secara berjenjang sesuai arahan dari BPIP Pusat dengan tahapan dimulai dari seleksi administrasi, seleksi Pancasila dan wawasan kebangsaan, seleksi intelijensi umum, seleksi kesehatan, seleksi parade, seleksi PBB dan kesamaptaan yang melibatkan unsur dari TNI, Polri, Dinas Kesehatan, dan Purna Paskibraka.

“Seleksi yang dilakukan tidak hanya menekankan pada kemampuan fisik dan intelektual, tetapi juga pada karakter dan jiwa kepemimpinan. Hal ini penting untuk memastikan bahwa peserta yang terpilih benar-benar mampu menjadi teladan bagi teman-teman sebayanya,” tambah Heru.

Dengan memenuhi semua syarat dan menjalani proses seleksi dengan baik, para calon Paskibraka memiliki kesempatan untuk berkontribusi secara nyata dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, serta membawa nama baik daerah dan negara di mata dunia. Proses seleksi ini juga menjadi simbol komitmen pemerintah Kota Banda Aceh dalam mengembangkan potensi generasi muda.

Heru Triwijanarko berharap, melalui program ini, akan lahir generasi muda Banda Aceh yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan jiwa kepemimpinan yang tangguh. “Mereka adalah harapan kita untuk masa depan Banda Aceh yang lebih baik,” pungkasnya.

Dengan semangat dan tekad yang kuat, para calon Paskibraka dari Banda Aceh siap menghadapi tantangan seleksi di tingkat provinsi. Keberhasilan mereka dalam seleksi ini akan menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya untuk terus berprestasi dan berkontribusi bagi bangsa dan negara.[Adv]

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: