Ekbis

60% Anggaran Investasi Pertamina untuk Genjot Produksi Minyak

×

60% Anggaran Investasi Pertamina untuk Genjot Produksi Minyak

Sebarkan artikel ini
60% Anggaran Investasi Pertamina untuk Genjot Produksi Minyak. Foto: dok Pertamina

Habanusantara.net – PT Pertamina (Persero) mengumumkan rencananya untuk mengalokasikan 60% dari anggaran investasi keseluruhan untuk meningkatkan produksi minyak dan gas bumi di Indonesia. Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya untuk mengurangi ketergantungan negara terhadap impor energi.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, menyatakan bahwa untuk mencapai target kenaikan produksi minyak dan gas bumi pada tahun 2029, Pertamina akan mengalokasikan sebagian besar dana investasi ke sektor hulu.

“Dalam mendukung program ini, Pertamina telah menyiapkan anggaran capex jangka panjang (2025-2029) di mana lebih dari 60% akan dialokasikan untuk pengembangan sektor hulu dan peningkatan produksi,” kata Fadjar kepada CNBC Indonesia, Rabu 22 Mei 2024.

Selain itu, 16% dari anggaran investasi akan digunakan untuk pengembangan infrastruktur energi, sementara 7% akan dialokasikan untuk pengembangan produk seperti kilang bahan bakar minyak berkualitas, bioetanol, biofuel, dan jaringan gas kota.

Fadjar menambahkan bahwa dengan investasi ini, diharapkan kontribusi Pertamina terhadap produksi minyak mentah nasional akan terus meningkat. Saat ini, Pertamina menyumbang 69% dari total produksi minyak nasional, dan diharapkan angka ini akan naik menjadi 77% pada tahun 2029.

Upaya peningkatan ini akan melibatkan optimalisasi produksi dan eksplorasi di seluruh lapangan migas yang dikelola oleh Pertamina, termasuk lapangan migas besar seperti Mahakam, Blok Rokan, Minas, Senoro, Rantau, dan lapangan MLN di Algeria.

“Selain itu, kami juga akan melakukan aktivitas merger & akuisisi (M&A) dari blok-blok potensial baik di dalam negeri maupun di luar negeri,” tambah Fadjar.

Dengan langkah-langkah ini, Pertamina berharap dapat meningkatkan produksi minyak dan gas bumi domestik, serta membantu mengamankan pasokan energi negara untuk masa depan.

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: