DaerahKesehatan

Ikut Jejak Blang Bintang, Puskesmas Peukan Bada Terakreditasi Paripurna

×

Ikut Jejak Blang Bintang, Puskesmas Peukan Bada Terakreditasi Paripurna

Sebarkan artikel ini
Puskesmas Peukan Bada Terakreditasi Paripurna. Foto: Ist

Habanusantara.net – Puskesmas Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar berhasil meraih akreditasi paripurna dalam penilaian Akreditasi Puskesmas yang dilakukan Lembaga Akreditasi Fasyankes Seluruh Indonesia (LASKESI).

“Kepastian Puskesmas Peukan Bada meraih akreditasi bintang lima itu setelah Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengeluarkan Sertifikat Akreditasi Paripurna dengan Nomor, YM.02.01/D/18250/2023 pada tanggal 20 Desember 2023 masa berlaku 02 Desember 2023 hingga 02 Desember 2028 nanti,” kata Kepala Puskesmas Peukan Bada Burhanuddin SKM, Aceh Besar, Rabu 10 Januari 2024 kemarin.

Burhanuddin menjelaskan bahwa standar akreditasi Puskesmas terdiri dari 5 bab yang mencakup berbagai aspek pelayanan kesehatan, seperti kepemimpinan dan manajemen puskesmas, kesehatan masyarakat, kesehatan perorangan, program prioritas nasional dan peningkatan mutu puskesmas.

“Alhamdulillah, hasil dari survei yang di lakukan oleh Lembaga Akreditasi Fasyankes Seluruh Indonesia (LASKESI) tersebut, Puskesmas Peukan Bada mendapat nilai 90 persen, artinya kami menjalankan program sesuai SOP,” kata Burhanuddin.

Menurutnya, raihan itu tidak terlepas dari upaya menjalankan sistem mutu sesuai SOP. Kata dia, saat dilakukan survei oleh LASKESI yang dilihat adalah bukti-bukti sejauh mana proses pelaksanaan dari pada mutu itu sendiri. “Baik dokumen, kinerja di lapangan dan lain sebagainya,” kata dia.

Ia menyatakan, seluruh tim kerja Puskesmas mempunyai rasa kebersamaan, solidaritas tinggi, tanpa kebersamaan dan kekompakan itu strata paripurna ini tidak mungkin didapatkan. “Oleh karena itu butuh kekompakan dan komitmen. Jadi komitmen itu didapatkan dari rasa kebersamaan,” tuturnya.

Burhanuddin berpesan kepada seluruh staf Puskesmas Peukan Bada, harus mampu mempertahankan predikat paripurna yang sudah peroleh. Ia menegaskan bahwa akreditasi yang diraih merupakan amanah yang harus dijaga dan dipertahankan.

“Maka kita harus bisa mempertahankan prestasi ini, dengan cara meningkatkan mutu pelayanan dan perlindungan yang lebih baik kepada pasien, sumber daya manusia kesehatan, dan masyarakat secara keseluruhan,” jelasnya.

Selain itu, Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh lintas sektor yang telah memberikan dukungan, masukan, saran dan bimbingan selama persiapan sampai pada penilaian Puskesmas.

“Kami ucapkan banyak terima kasih kepada Pemkab Aceh Besar, Kepala Dinas Kesehatan, Forkopimcam Peukan Bada serta masyarakat yang telah membantu dan memberikan dukungan dari persiapan hingga dengan penilaian,” demikian Burhanuddin.

Sebelumnya, Puskesmas lain di Aceh Besar yang lebih dulu menerima akreditasi paripurna dari Kementerian Kesehatan yaitu Puskesmas Blang Bintang.

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close