HeadlineOtomotif

Fitur Keselamatan “Side Stand Switch” pada Sepeda Motor

×

Fitur Keselamatan “Side Stand Switch” pada Sepeda Motor

Sebarkan artikel ini
Side Stand Switch
Side Stand Switch

Habanusantara.net, Sebagai langkah inovatif dalam meningkatkan keamanan berkendara, Honda telah menghadirkan fitur keselamatan yang disebut “Side Stand Switch” pada sepeda motor tipe matic.

Fitur ini memiliki fungsi vital untuk mencegah mesin motor dihidupkan ketika standar samping (cagak) berada dalam posisi turun atau aktif.

Standar samping, yang umumnya digunakan sebagai alat bantu untuk menjaga sepeda motor tetap berdiri saat diparkir, menjadi fokus utama implementasi teknologi ini.

Meskipun standar samping sering kali diabaikan oleh sebagian pengendara, fitur “Side Stand Switch” hadir sebagai solusi yang dapat menghindari potensi kecelakaan serius.

Menurut Sdr. Iskandar, seorang Safety Riding Instructor Honda dari Main Dealer PT. Capella Dinamik Nusantara, penggunaan sepeda motor dengan standar samping turun dapat menjadi sangat berbahaya, terutama saat melakukan manuver seperti menikung ke kiri.

Dalam kondisi ini, standar samping dapat menghantam permukaan jalan, mengakibatkan roda belakang kehilangan traksi dan berpotensi membuat pengendara terjatuh.

“Masih banyak orang yang lupa menaikkan standar samping ketika hendak berkendara, dan ternyata berkendara dengan posisi standar samping turun akan sangat berbahaya serta berpotensi buat terjatuh ketika kita menikung ke kiri,” ujar Sdr. Iskandar.

Keamanan tidak hanya menjadi isu bagi pengendara dewasa, tetapi juga bagi anak-anak yang mungkin duduk di atas sepeda motor

Iskandar menggambarkan sebuah insiden dimana seorang anak terjatuh karena duduk di atas motor dengan standar samping terpasang. Dalam kejadian tersebut, motor yang masih hidup bergerak tanpa kendali saat sang anak menggerakkan grip gas.

Sebagai respons terhadap masalah ini, Honda menjadi pelopor dengan mengintegrasikan teknologi “Side Stand Switch” pada sepeda motor mereka.

Fitur ini secara efektif mencegah mesin motor dihidupkan ketika standar samping masih dalam posisi turun, memberikan lapisan keamanan ekstra untuk pengendara yang mungkin lalai atau lupa mengangkat standar samping sebelum berkendara.

Dengan adanya inovasi ini, diharapkan dapat mengurangi insiden terjatuh akibat penggunaan standar samping yang kurang benar.

Fitur keselamatan “Side Stand Switch” mencerminkan komitmen Honda dalam memberikan pengalaman berkendara yang lebih aman dan nyaman bagi para pengguna sepeda motor mereka.[]

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close