Otomotif

Pentingnya Kaca Spion pada Sepeda Motor: Lebih dari Sekadar Estetika

×

Pentingnya Kaca Spion pada Sepeda Motor: Lebih dari Sekadar Estetika

Sebarkan artikel ini
Kaca Spion Pada Sepeda Motor
Kaca Spion pada Sepeda Motor

Habanusantara.net, Kaca spion pada sepeda motor adalah salah satu komponen yang sering diabaikan, bahkan diganti, saat seorang pemilik sepeda motor memutuskan untuk memodifikasi kendaraannya.

Alasannya beragam, mulai dari tampilan yang dianggap kuno hingga dimensi yang dianggap terlalu tinggi dan lebar. Namun, sebenarnya ada alasan kuat di balik desain standar kaca spion pada sepeda motor.

Kaca spion pada sepeda motor memiliki peran penting dalam memberikan visibilitas atau pandangan ke belakang bagi pengendara.

Namun, perhitungan tinggi dan panjang kaca spion ini tidak sembarangan. Pabrikan merancang spion dengan dimensi tersebut agar objek di belakang pengendara dapat terlihat dengan jetaan yang lebih jelas pada kaca spion.

Pada saat pengendara hendak berpindah jalur atau melakukan manuver lain di jalan, penggunaan kaca spion adalah kunci penting.

Dengan memantau pantulan kaca spion, pengendara dapat melihat objek di sekitarnya dengan lebih baik, sehingga membantu meningkatkan keselamatan berlalu lintas.

Spesifikasi dimensi spion standar pada sepeda motor umumnya memiliki tinggi sekitar 75-80 mm dan lebar sekitar 130-140 mm. Sedangkan tinggi tangkai spion saat terpasang dari grip stang kemudi berkisar antara 10-13 cm.

Spion ini juga dapat diatur arahnya, memungkinkan pengendara untuk menyesuaikannya sesuai dengan tinggi badan mereka. Hal ini penting untuk memastikan visibilitas yang optimal saat berkendara.

Lebar spion yang melewati ujung setang juga dapat berfungsi sebagai penanda posisi pengendara terhadap objek lain di sekitarnya saat melakukan manuver di jalanan.

Ketika spion menyentuh objek di sekitarnya, itu menandakan bahwa jarak antara kendaraan sudah terlalu dekat. Saat setang kemudi bersentuhan dengan objek terlebih dahulu, ada risiko terjatuh karena setang kemudi adalah pusat kontrol sepeda motor.

Tomy, seorang instruktur Safety Riding dari Capella Honda Aceh, menjelaskan, “Kaca spion adalah komponen penting untuk keselamatan berkendara.

Jangan pernah melepaskan spion motor Anda.” Dengan penjelasan ini, menjadi jiktunya pentingnya menjaga kaca spion pada sepeda motor, dan tidak sekadar sebagai elemen estetika.

Dengan menjaga spion Anda tetap terpasang dan berfungsi dengan baik, Anda juga menjaga keselamatan Anda saat berada di jalan. #CariAmanSaatNaikMotor[]

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: