HeadlinePemerintahan

Iskandar Buka Rakor Tim Saber Pungli Aceh : Optimalisasi Penanggulangan Aksi Pungli

×

Iskandar Buka Rakor Tim Saber Pungli Aceh : Optimalisasi Penanggulangan Aksi Pungli

Sebarkan artikel ini

Habanusantara.net – Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh, Iskandar, mewakili Penjabat Gubernur Aceh, membuka Rapat Koordinasi dan Asistensi Kegiatan Satgas Saber Pungli se-Aceh di Banda Aceh pada Kamis.

Rapat tersebut bertujuan untuk mengevaluasi kinerja Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) dan membahas langkah-langkah penanggulangan yang lebih optimal ke depan.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Iskandar, gubernur menyampaikan apresiasi terhadap terobosan yang telah dihadirkan oleh Tim Saber Pungli Aceh sejak dibentuk pada November 2016.

Berbagai operasi tangkap tangan terhadap pelaku pungli di kabupaten/kota se-Aceh telah memberikan dampak positif, namun tantangan masih terjadi di beberapa lembaga dengan efek merusak masyarakat, mengganggu dunia usaha, dan menurunkan kualitas pelayanan publik.

Iskandar menekankan pentingnya optimalisasi kinerja Tim Saber Pungli Aceh dalam memberantas kejahatan ini. Meskipun pengungkapan pelaku pungli menjadi prestasi, namun tujuan utama adalah menghilangkan aksi pungli itu sendiri.

“Kita tentu sangat bangga kalau Tim Saber Pungli Aceh mampu menangkap banyak pelaku pungli yang meresahkan masyarakat. Namun saat bersamaan kita juga lebih bangga lagi jika aksi pungli itu dapat kita hilangkan, sehingga tidak ada lagi orang yang ditangkap,” ujar Iskandar.

Lebih lanjut, Iskandar menjelaskan bahwa pemerintah Aceh telah mengambil berbagai kebijakan untuk mempersempit gerak pungli, termasuk proses perizinan melalui sistem satu pintu, transaksi non-tunai, dan administrasi online.

Meskipun demikian, ia menyoroti perlunya penegakan hukum yang sejalan dengan pemahaman dan sosialisasi kepada semua pihak untuk mencegah aksi pungli.

“Saya mengharapkan kepada Tim Saber Pungli Aceh untuk semakin aktif melakukan pemantauan sehingga tidak ada masyarakat yang dirugikan akibat pungli ini.

Mari bersama-sama mempersempit ruang gerak pungli dan berani bersuara melawan kejahatan ini,” tambahnya.[MA]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close