DaerahNews

Petani Aceh Besar Sukses Panen Kacang Dibiayai Dana Desa

×

Petani Aceh Besar Sukses Panen Kacang Dibiayai Dana Desa

Sebarkan artikel ini

Habanusantara.net, Para petani di Gampong Empee Trieng, Aceh Besar merayakan kesuksesan panen kacang yang dibiayai oleh Dana Desa (DD).

Dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan sesuai dengan Peraturan Bupati nomor 2 Tahun 2023, petani ini berhasil memanen tiga jenis kacang yang ditanam di lahan seluas 16 hektar.

Dengan luas lahan 7 hektar, kacang hijau menjadi salah satu jenis kacang yang berhasil dipanen. Di samping itu, petani juga berhasil memanen kacang tanah dari lahan seluas 4 hektar dan kacang kuning dari lahan seluas 5 hektar.

Keberhasilan ini mendapat apresiasi dari masyarakat setempat yang merasa terbantu dalam memenuhi kebutuhan pangan.

Imuem Mukim Kecamatan Darul Kamal, Tgk Rusdi SPdI, menyampaikan penghargaan kepada pemerintah daerah atas perancangan dan pelaksanaan program peningkatan ketahanan pangan dengan anggaran Dana Desa.

Menurutnya, penanaman bibit dan hasil panen kacang telah membangkitkan semangat masyarakat dalam mengembangkan usaha pertanian.

“Pada hari ini, para petani telah menikmati hasil panen tiga jenis kacang,” ucap Tgk Rusdi di persawahan Gampong Empee Trieng – Bilui, Kecamatan Darul Kamal Kabupaten Aceh Besar pada Senin (17/7/2023).

Tgk Rusdi juga menyoroti kesuksesan program Pemerintah Kabupaten Aceh Besar dan Pemerintah Kecamatan Darul Kamal yang memberikan banyak perubahan bagi masyarakat. Program ini telah berhasil mengatasi kendala yang sebelumnya terjadi, dan kini petani kembali aktif berpartisipasi dalam pengembangan sektor pertanian di bawah kepemimpinan Pj Bupati Muhammad Iswanto.

“Saya sebagai Pj Mukim Bilui mengucapkan terima kasih kepada Pj Bupati Aceh Besar beserta pemerintahannya yang telah banyak membantu masyarakat. Sekaligus saya ucapkan selamat kepada Bapak Iswanto, yang telah dipercayakan lagi untuk memimpin Aceh Besar di periode 2023-2024,” tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Tani Gampong Empee Trieng, Zulkifli, mengungkapkan bahwa sejak awal bulan April 2023, masyarakat Gampong Empee Trieng telah menikmati hasil panen kacang. Panen ini berhasil meningkatkan semangat para petani, bahkan sebagian penduduk yang bukan petani juga turut berpartisipasi dalam usaha pertanian saat hari libur.

Program ketahanan pangan yang berhasil direalisasikan hanya melibatkan pengolahan lahan dan penggalian sumur bor di 20 titik lahan persawahan. Sementara itu, pembelian bibit menjadi tanggung jawab pribadi para petani.

Kesuksesan petani di Gampong Empee Trieng ini membuktikan bahwa penggunaan Dana Desa secara efektif dapat meningkatkan ketahanan pangan dan mendorong partisipasi masyarakat dalam sektor pertanian.

Diharapkan keberhasilan ini dapat menjadi contoh bagi gampong-gampong lain di Aceh Besar untuk mengembangkan potensi pertanian mereka demi kesejahteraan masyarakat.

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: