ADVERTORIALWisata

Festival Seni Teater Rawat Aceh, Menghidupkan Kembali Gemerlap Sandiwara di Era Digital

×

Festival Seni Teater Rawat Aceh, Menghidupkan Kembali Gemerlap Sandiwara di Era Digital

Sebarkan artikel ini
Kepala Bidang Bahasa Dan Seni Disbudpar Aceh Nurlaila Hamjah Saat Pembukaan Festival Teater Minggu Malam 1862023fotoho Habanusantara
Kepala Bidang Bahasa dan Seni Disbudpar Aceh, Nurlaila Hamjah, saat pembukaan festival teater, Minggu malam (18/6/2023).[Foto/HO Habanusantara]

Habanusantara.net, Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, menggelar Festival Seni Teater Rawat Aceh Tahun 2023 yang menghadirkan keceriaan dan keunikan pertunjukan sandiwara.

 

Festival yang mengusung tema “Bingkai Petuah dalam Sandiwara” ini berlangsung meriah pada tanggal 18 hingga 19 Juni 2023 di salah satu hotel terkemuka di Banda Aceh.

 

Acara yang dipandu oleh Kepala Bidang Bahasa dan Seni Disbudpar Aceh, Nurlaila Hamjah, berhasil memukau penonton sejak malam pembukaan, Minggu malam (18/6/2023).

 

Dalam sambutannya, Nurlaila menyampaikan bahwa festival seni teater ini merupakan sarana bagi para pekerja teater dan seniman lainnya untuk terus mengembangkan kebudayaan di Aceh sesuai dengan bidang seni yang mereka geluti.

 

Nurlaila juga menyoroti pergeseran minat masyarakat terhadap tontonan hiburan, di mana pertunjukan sandiwara yang dulunya begitu populer di era 80-an, kini semakin jarang ditonton.

 

“Saat ini sudah jarang kita nonton panggung teater, padahal dulunya masyarakat sangat menyukai pertunjukan sejenis yang disebut ‘sandiwara’,” ujarnya.

 

Dalam mengatasi tantangan tersebut, Disbudpar Aceh terus berupaya melakukan pembinaan dan pengembangan seni teater rakyat agar semakin banyak anak muda yang tertarik dan berperan di dalamnya. Mereka berharap seni teater rakyat Aceh dapat tampil gemilang di pentas nasional maupun internasional. Menariknya, di luar negeri pertunjukan teater masih menjadi tontonan eksklusif yang harus dibeli tiket masuknya.

 

Festival Seni Teater Rawat Aceh tahun ini menjadi momen penting bagi penggemar seni teater, baik yang berasal dari dalam maupun luar Aceh. Acara ini menampilkan beragam pertunjukan teater yang mengusung nilai-nilai kearifan lokal, keindahan budaya, dan kualitas akting yang memukau. Selain itu, festival ini juga diisi dengan diskusi dan workshop yang melibatkan para seniman dan penikmat seni teater.

 

Dengan adanya Festival Seni Teater Rawat Aceh Tahun 2023, diharapkan kehidupan seni teater di Aceh dapat kembali bergeliat dan memberikan kontribusi nyata dalam memperkaya kebudayaan lokal.

 

Festival ini menjadi wadah yang tepat bagi para seniman Aceh untuk menunjukkan kreativitas mereka kepada masyarakat luas, serta mempererat ikatan budaya antara generasi muda dengan kearifan lokal yang ada di Aceh. Semoga Festival Seni Teater Rawat Aceh terus menjadi sorotan di kancah nasional dan internasional, menghadirkan pesona seni teater yang tak terlupakan.[]

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: