NasionalNewsSosok

Pengabdian Akhyar Kamil Pulangkan 270 Jenazah Aceh

×

Pengabdian Akhyar Kamil Pulangkan 270 Jenazah Aceh

Sebarkan artikel ini
Ketua Umum Persaudaraan Aceh Seranto pas Akhyar Kamil
Ketua Umum Persaudaraan Aceh Seranto (PAS), Akhyar Kamil

Habanusantara.net– Ketua Umum Persaudaraan Aceh Seranto (PAS), Akhyar Kamil, telah melakukan tindakan mulia dengan membantu memulangkan 270 jenazah orang Aceh yang meninggal di perantauan secara gratis. Kegiatan sosial ini telah berlangsung sejak tahun 2012 hingga saat ini, dan merupakan bentuk kepedulian yang luar biasa dari Persaudaraan Aceh Seranto.

Menurut Akhyar Kamil, bantuan pemulangan jenazah ini dilakukan berdasarkan permintaan keluarga almarhum atau almarhumah yang meninggal di perantauan. Para relawan dari DPP Persaudaraan Aceh Seranto di Jakarta turun tangan untuk menjemput dan memulangkan jenazah hingga ke rumah duka di Aceh. Selain itu, relawan Persaudaraan Aceh Seranto yang berada di Aceh juga turut berpartisipasi dalam proses pemulangan jenazah.

Baru-baru ini, Akhyar juga berhasil memulangkan tiga jenazah hampir secara bersamaan. Salah satunya adalah jenazah Husnan S, yang meninggal karena sakit gula dan stroke di Pamulang, Tangerang Selatan, pada tanggal 18 Mei 2023. Keluarga almarhum menghubungi Akhyar Kamil karena terkendala biaya, dan dengan sigap Akhyar memerintahkan para relawannya untuk segera menangani pemulangan jenazah Husnan ke desa asalnya di Aceh Utara.

Proses pemulangan jenazah dilakukan melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, menuju Kualanamu, Medan. Setibanya di Medan, jenazah langsung disambut oleh relawan Persaudaraan Aceh Seranto di Aceh dan diantarkan ke rumah duka dengan pengawalan yang baik.

Selain itu, Persaudaraan Aceh Seranto juga berhasil memulangkan jenazah almarhum Zulkarnaini, yang meninggal akibat kecelakaan di Tol Cawang Grogol Arah Timur KM 12 pada tanggal 18 Mei 2023. Keluarga almarhum yang kurang mampu sempat panik karena tidak tahu kepada siapa mereka harus meminta bantuan dalam mengurus kasus kecelakaan dan pemulangan jenazah. Namun, setelah menghubungi Akhyar Kamil, beliau langsung mengunjungi RS Ciptomangunkusumo untuk melihat langsung almarhum Zulkarnaini dan membantu proses pemulangan jenazah. Akhyar Kamil juga berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya untuk mendapatkan informasi mengenai kronologis kecelakaan tersebut.

Selanjutnya, Persaudaraan Aceh Seranto juga berhasil memulangkan jenazah almarhumah Rana Maulida. Almarhumah meninggal di Kota Bambu Selatan, Palmerah, Jakarta Barat pada tanggal 19 Mei 2023.
Almarhumah merupakan pasien rujukan dari RS Zainal Abidin Banda Aceh yang dirujuk ke RS Kanker Dharmais di Kota Jakarta Barat. Meskipun keluarga sangat berharap agar jenazah almarhumah Rana Maulida bisa dikebumikan di Aceh, mereka terkendala biaya pemulangan jenazah. Dalam situasi ini, keluarga memutuskan untuk meminta bantuan kepada Ketua Umum Persaudaraan Aceh Seranto.

Setelah mendapat kabar tersebut, Akhyar Kamil langsung mengambil tindakan. Ia memerintahkan para relawan untuk mengurus administrasi dan memulangkan jenazah almarhumah Rana Maulida ke rumah duka di Desa Kedai Runding, Kecamatan Kluet Selatan, Kabupaten Aceh Selatan.

Proses pemulangan jenazah dilakukan dengan menggunakan jalur udara. Jenazah almarhumah akan dibawa pulang melalui Bandara Soekarno-Hatta dan akan tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh. Dari sana, jenazah akan diantar menggunakan ambulans relawan Persaudaraan Aceh Seranto yang beroperasi di Aceh.

Akhyar Kamil menyampaikan bahwa semua jenazah orang Aceh yang meninggal di perantauan akan dibantu pulangkan secara gratis oleh Persaudaraan Aceh Seranto. Ini adalah bentuk nyata dari kepedulian dan komitmen Persaudaraan Aceh Seranto kepada seluruh masyarakat Aceh. Tindakan ini memberikan dukungan moral dan bantuan nyata kepada keluarga yang sedang berduka serta membantu mengurangi beban finansial yang mereka hadapi dalam pemulangan jenazah ke tanah air.

Akhyar Kamil juga mengajak masyarakat Aceh dan seluruh lapisan masyarakat untuk saling mendukung dan berkontribusi dalam membantu sesama. Ia berharap bahwa kebaikan dan kepedulian seperti ini akan menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk berbuat baik dan membantu sesama, terutama dalam situasi yang sulit seperti kehilangan orang tercinta.

Dengan tindakan mulia ini, Akhyar Kamil dan Persaudaraan Aceh Seranto telah menjadi pahlawan bagi keluarga-keluarga yang kehilangan orang tercinta di perantauan. Mereka telah memberikan harapan dan penghiburan kepada keluarga yang sedang berduka serta menunjukkan bahwa persatuan dan solidaritas masih kuat dalam masyarakat Aceh.[is]

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: