ADVERTORIALKesehatan

Warga Banda Aceh Diminta Lengkapi Imunisasi Anak

×

Warga Banda Aceh Diminta Lengkapi Imunisasi Anak

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Imunisasi Anak

Habanusantara.net, Dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh mengimbau warga untuk memberikan imunisasi tambahan kepada anak yang belum mendapatkan imunisasi lengkap.

Adapun tempat pelaksanaan BIAN dilaksanakan di Posyandu, Puskesmas, sekolah, Fasyankes lain dan pos imunisasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman, SKM, M.Kes mengajak orang tua untuk lengkapi imunisasi anak agar terhindar dari penyakit menular.

Lukman, Kadis Kesehatan Kota Banda Aceh

“Sasaran BIAN adalah anak usia 1 s/d 5 tahun untuk dilengkapi status imunisasinya sedangkan anak usia 9 bulan s/d di bawah 15 tahun mendapatkan 1 dosis imunisasi campak rubella,” tutur Lukman

Dalam hal ini, manfaat imunisasi BIAN yaitu anak-anak mendapatkan perlindungan dari penyakit penyakit menular berbahaya seperti polio, difteri, tetanus, pertussis, hepatitis B, campak dan rubella.

Oleh sebab itu, program bulan imunisasi anak nasional dari pemerintah ini disediakan secara gratis, aman dan berkualitas.

“Imunisasi itu asik bisa mencegah penyakit, imunisasi itu sehat bikin imun kita kuat,” kata Kepala Dinkes Kota Banda Aceh Lukman

 

Pentingnya Imunisasi untuk Si Kecil

Kesehatan buah hati sangatlah penting. Khususnya disaat pandemi seperti saat ini, banyak orang tua khawatir akan kondisi sibuah hati. Maka dari itu vaksinasi atau imunisasi sangat dianjurkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh Si Kecil.

Lukman mengatakan, Imunisasi atau vaksinasi merupakan suatu upaya dari pemerintah yang bertujuan untuk mencegah meningkatnya angka kesakitan pada penyakit tertentu yang beresiko pada bayi. Tujuan pemberian vaksin adalah membentuk kekebalan tubuh agar tidak mudah terinfeksi virus penyebab penyakit. Pemberian vaksin pada bayi menjadi hal yang penting, sebab tubuh bayi memiliki tingkat imunitas yang rendah sehingga harus segera mendapatkan perlindungan dari infeksi penyakit menular.

Imunisasi penting dan sebaiknya dilakukan sedini mungkin, termasuk saat anak baru lahir. Saat imunisasi, anak akan diberikan vaksin untuk membantu mencegah atau menurunkan risiko infeksi atau pada penyakit tertentu sehingga akan meminimalisir angka kejadian kesakitan dan komplikasi.

“Untuk itu jangan takut untuk tetap melanjutkan vaksin atau imunisasi ke rumah sakit atau pelayanan kesehatan lainnya,” harapnya

Imunisasi sendiri menurut IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) terbagi atas imunisasi dasar lengkap dan tambahan.

Imunisasi dasar lengkap terdiri dari:

Hepatitis B Haemovirus Influenza B,
Difteri
Pertusis
Tetanus (DPT) atau biasa disebut pentavalent,
Polio,
BCG,
Campak.

Sedangkan, untuk imunisasi tambahan terdiri dari :

Rota virus
Pneumokokkus
Influenza
MMR
Varisela
Human Papilloma Virus (HPV)
Vaksin Dengue.[Adv]

Tinggal Komentar Anda
Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close