Nasional

Menkominfo Sebut Perempuan di Garis Depan Pemanfaatan AI dan Digitalisasi

×

Menkominfo Sebut Perempuan di Garis Depan Pemanfaatan AI dan Digitalisasi

Sebarkan artikel ini
Menkominfo RI

Habanusantara.net – Partisipasi perempuan dalam sektor teknologi digital semakin terbuka lebar. Mereka tak hanya menjadi pengguna, tetapi juga aktor penting dalam pengembangan dan pemanfaatan teknologi kecerdasan artifisial (AI) di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menekankan peran vital kaum perempuan dalam mendorong kemajuan digitalisasi, khususnya terkait pengembangan AI. “Kaum perempuan tidak tertinggal dalam peran dan kemajuan digital yang terus bergerak di masa depan,” katanya.

Dalam sambutannya pada acara Keynote Speech Talkshow dan Workshop “Enhancing Women’s Digital Talent: Mastering Generative AI” secara virtual, Menkominfo menggarisbawahi pentingnya peran perempuan dalam menghadapi tantangan dan peluang di era digital.

Menkominfo juga memberi contoh inspiratif seperti Dr. Fei-Fei Li, seorang profesor Ilmu Komputer Universitas Stanford dan pendiri organisasi nirlaba AI4All. “Beliau dinobatkan oleh Majalah Times sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di bidang AI tahun 2023,” jelasnya.

Untuk mewujudkan pemanfaatan AI yang inklusif bagi kaum perempuan, Kementerian Kominfo telah menyiapkan berbagai program pengembangan sumber daya manusia di bidang digital. Program tersebut antara lain Digital Talent Scholarship (DTS) dan Digital Leadership Academy (DLA) untuk membantu perempuan merumuskan kebijakan digital.

Selain itu, Kementerian Kominfo juga membuka Program Beasiswa S2 bekerjasama dengan perguruan tinggi terbaik di dalam dan luar negeri. “Saya mendorong para perempuan untuk mengikuti program tersebut demi mewujudkan transformasi digital yang inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan,” tambah Menkominfo.[**]

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: