Otomotif

Kenapa Pengendara Wajib Memiliki SIM C? Ini Penjelasan Safety Riding Instructor Honda

×

Kenapa Pengendara Wajib Memiliki SIM C? Ini Penjelasan Safety Riding Instructor Honda

Sebarkan artikel ini
Model Pengendara Motor Honda
Model Pengendara Motor Honda

Habanusantara.net- Dalam upaya memastikan keselamatan berkendara di jalan raya, setiap pengendara diwajibkan memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

SIM berfungsi sebagai bukti bahwa seseorang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas, dan memiliki keterampilan mengemudi kendaraan bermotor.

Khusus untuk pengendara sepeda motor, SIM yang diperlukan adalah SIM C, dengan salah satu persyaratan administrasinya adalah minimal berusia 17 tahun. Mengapa batasan usia ini ditetapkan?

Menurut Tomi, Safety Riding Instructor Honda dari PT. Capella Dinamik Nusantara wilayah Aceh, usia 17 tahun dipilih karena pada umur tersebut, seseorang dinilai sudah cukup matang dalam beberapa aspek penting yang mempengaruhi cara berkendara.

“Seseorang di umur 17 tahun dinilai sudah mampu fokus dalam mengambil keputusan saat di jalan dan secara mental sudah mampu mengendalikan emosi,” jelas Tomi.

Ia menambahkan bahwa secara postur, rata-rata remaja berusia 17 tahun sudah memiliki postur tubuh yang ideal untuk mengendarai sepeda motor.

Keamanan berkendara sangat dipengaruhi oleh faktor manusia itu sendiri, seperti konsentrasi, pengendalian emosi, teknik berkendara, dan cara berkendara.

Di usia 17 tahun, seseorang umumnya memiliki kemampuan yang lebih baik dalam hal konsentrasi dan pengendalian emosi dibandingkan anak-anak yang lebih muda.

“Bayangkan jika usia di bawah 17 tahun diperbolehkan mengemudi. Emosi yang belum stabil dan ego yang tinggi saat di jalan dapat meningkatkan risiko kecelakaan,” ujar Tomi.

Selain aspek emosional, pengetahuan tentang aturan lalu lintas juga menjadi faktor penting. Pengendara muda yang belum cukup dewasa mungkin belum memiliki pemahaman yang baik tentang peraturan lalu lintas, yang dapat berpotensi membahayakan diri mereka sendiri dan pengguna jalan lainnya.

 

Postur tubuh yang belum ideal pada usia yang lebih muda juga dapat mempengaruhi cara berkendara menjadi tidak aman.

“Beberapa anak mungkin belum cukup tinggi atau kuat untuk mengendalikan sepeda motor dengan baik, yang juga dapat meningkatkan risiko kecelakaan,” tambah Tomi.

Kecelakaan lalu lintas sering kali melibatkan pengendara di bawah umur yang belum memiliki SIM. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya persyaratan umur dalam pembuatan SIM C.

Data menunjukkan bahwa pengendara muda, terutama yang

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: