NasionalNewsOlahraga

Kalsel Pastikan Kesiapsn Tuan Rumah Porwanas

×

Kalsel Pastikan Kesiapsn Tuan Rumah Porwanas

Sebarkan artikel ini
Kalsel memaparkan kesiapan Porwanas XV/2024 di Rakernas SIWO di Jakarta, Sabtu (17/2/2024).

Habanusantara.net, Jakarta – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama  PWI memaparkan persiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV 2024 dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) di Putri Duyung Resort, Ancol, Jakarta, Sabtu (17/2/2024).

Pemaparan persiapan Porwanas XIV Kalsel 2024 ini disampaikan Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Kalsel, Adi Santoso mewakili Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor.

Pada kesempatan itu, gubernur yang diwakili Adi Santoso menyatakan Pemprov Kalsel bersama PWI Kalsel siap menyambut tamu wartawan se Indonesia.

Selain itu, gubernur juga menyatakan tamu yang datang harus terlayani dengan baik.

Menurut Adi Santoso, sama seperti pelaksanaan Hari Pers Nasional tahun 2020 di mana Kalsel sebagai tuan rumah, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mempercayakan sepenuhnya kepada PWI Kalsel sebagai leading sektor kegiatan.

Di samping itu Gubenur Kalsel, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin berkomitmen mendukung penuh dan membantu apabila terdapat hal-hal teknis yang diperlukan oleh panitia.

Pemerintah provinsi Kalimantan Selatan dengan insan pers di Kalsel punya semangat yang sama untuk memperkenalkan geopark pegunungan meratus kepada Indonesia dan dunia. “Maka dari itu pada Porwanas 2024 kami memilih tema Meratus Geoark “the soul of borneo”, dari Kalsel menuju Dunia,” ujarnya.

Adi menyatakan dari sisi anggaran sedang disiapkan nota kesepakatan hibah daerah (NPHD) antara Pemprov Kalsel dengan PWI Kalsel.

“Kesiapan anggaran tadi sudah disiapkan sebesat Rp 10 miliar melalui mekanisme hibah kepada PWI melalui Pemprov Kalsel,” ujarnya.

“Yang terpenting dalam pelaksanaan Porwanas kali ini adalah upaya kita untuk mensosialisasikan kepada masyarakat Indonesia dan Dunia, bahwa Geopark Meratus itu layak diusulkan menjadi Unesco Global Geopark,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa, Kalsel tentunya akan memberikan pelayanan terbaik bagi para tamu atau peserta Porwanas yang akan berhadir nantinya.

“Sebagaimana event-event Nasional yang sudah dilaksanakan di Kalsel, seluruh Dinas dan Badan yang ada di Pemprov Kalsel akan ikut andil dalam membantu menyukseskan gelaran nasional itu,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Siwo PWI Kalsel, Irwansyah mengatakan bahwa dalam pagelaran Porwanas yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2024 mendatang, akan ada sebanyak 11 cabang lomba, 9 olahraga, 1 olahraga rekreasi, dan 1 karya jurnalistik yang diusulkan untuk dipertandingkan.

“Ada cabor Futsal, cabor catur, cabor billiar, cabor esport, cabor tenis meja, tenis lapangan, atletik, sepak bola, dan bridge,” terangnya.

“Juga ada olahraga tradisional yakni balogo dan juga lomba karya jurnalistik meliputi karya tulis, fotografi, videografi dan reportase radio,” tambahnya.

Tak hanya itu, Irwansyah juga mengatakan bahwa dalam pagelaran Porwanas nanti, panitia pelaksana akan menanggung atau mengakomodir untuk sebanyak 88 orang peserta.

“Untuk saat ini kami masih melakukan persiapan, jadi sementara kita akan mengakomodir untuk 88 orang,” tandasnya. (*/Sudirman Mansyur).

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close