ArtikelOtomotif

Teknik Engine Brake: Cara Cerdas Memperlambat Kendaraan

×

Teknik Engine Brake: Cara Cerdas Memperlambat Kendaraan

Sebarkan artikel ini

Habanusantara.netEngine brake, sebuah teknik yang digunakan untuk memperlambat kecepatan kendaraan dengan memanfaatkan tenaga mesin, menjadi perbincangan hangat di kalangan pengendara motor.

Menurut Novara Dita, seorang Instruktur Keselamatan Berkendara dari Capella Honda Aceh, engine brake adalah cara efisien untuk mengurangi beban kerja rem.

Novara Dita menyatakan bahwa penggunaan engine brake umumnya berlaku pada sepeda motor dengan sistem transmisi manual.

“Meskipun engine brake efektif dalam memperlambat kendaraan, teknik ini lebih sering digunakan pada motor dengan transmisi manual,” ujarnya. Novara Dita adalah satu-satunya instruktur wanita Honda yang telah meraih berbagai penghargaan dalam kontes Instruktur Keselamatan Berkendara di tingkat nasional.

Salah satu keuntungan penggunaan engine brake adalah mengurangi beban kerja pada sistem pengereman.

“Penggunaan rem terus menerus, terutama saat meluncur di jalan menurun, dapat mengakibatkan masalah pada sistem pengereman, seperti pemanasan berlebih yang dapat mengurangi daya cengkeram kampas rem dan masalah lainnya,” jelas Novara.

Meskipun begitu, engine brake sebaiknya hanya digunakan dalam kondisi tertentu, seperti saat meluncur di jalan menurun atau dalam situasi darurat.

Penggunaan engine brake yang tidak tepat dapat berpotensi merusak gear transmisi, mengurangi usia komponen mesin, dan bahkan membahayakan kestabilan kendaraan saat engine brake diaktifkan.

Berikut beberapa tips untuk melakukan engine brake dengan aman saat meluncur di jalan menurun:

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close