Headline

Pemko Banda Aceh Kembali Gelar Gerakan Pangan Murah, Buruan Datang

×

Pemko Banda Aceh Kembali Gelar Gerakan Pangan Murah, Buruan Datang

Sebarkan artikel ini
Pasar murah

Habanusantara.net- Dalam rangka menyambut perayaan Hari Raya Idul Adha 1445H tahun 2024, Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan (DP2KP) Kota Banda Aceh kembali mengadakan Pasar Pangan Murah.

 Acara ini akan berlangsung dari tanggal 4 hingga 6 Juni 2024, bertempat di Halaman Kantor Dinas P2KP di Jalan Tgk. Dikandang No.31 A, Gampong Pande, Kecamatan Kutaraja, Kota Banda Aceh.

Kepala Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan Kota Banda Aceh, M. Nurdin, S.Sos., M.Si., menjelaskan bahwa Gerakan Pangan Murah (GPM) ini bertujuan untuk membantu masyarakat Kota Banda Aceh dalam membeli kebutuhan bahan pangan pokok dengan harga terjangkau.

 “Gerakan ini dilaksanakan untuk memastikan bahwa masyarakat dapat membeli beras, minyak goreng, gula, dan telur dengan harga yang telah disubsidi oleh pemerintah,” ujarnya.

Paket pangan yang disediakan dalam kegiatan ini terdiri dari 5 kg beras, 2 liter minyak goreng kemasan, 2 kg gula, dan 30 butir telur dengan harga Rp.152.000 per paket.

Nurdin menambahkan bahwa GPM merupakan salah satu strategi pemerintah dalam pengendalian inflasi daerah, yang dilaksanakan di setiap provinsi, kabupaten, dan kota untuk menjaga ketersediaan pasokan dan harga bahan pangan pokok tetap terkendali.

Gerakan Pangan Murah ini mendapat perhatian khusus dari Pj. Walikota Banda Aceh, Amiruddin, SE., M.Si., sebagai bagian dari 9 langkah pengendalian inflasi yang ditetapkan pemerintah.

Setiap minggu, evaluasi dilakukan melalui rapat koordinasi pengendalian inflasi oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia.

Upaya serius Pemerintah Kota Banda Aceh dalam pengendalian inflasi daerah telah membuahkan hasil yang baik.

Hingga April 2024, angka inflasi di Kota Banda Aceh tercatat sebagai yang terendah dengan persentase 2.16 %, jauh di bawah rata-rata inflasi nasional, menjadikan Banda Aceh sebagai kota dengan persentase inflasi terbaik di Provinsi Aceh.

Kabid Pangan DP2KP Kota Banda Aceh, Desi Anggraini, SP, menjelaskan bahwa Gerakan Pangan Murah akan berlangsung selama tiga hari, dari pukul 08.30 WIB hingga selesai.

“Kegiatan ini khusus untuk warga Kota Banda Aceh, jadi kami menghimbau masyarakat untuk datang lebih awal dan membawa KTP Banda Aceh,” kata Desi.

Selain bahan pangan pokok, panitia juga menyediakan bahan pangan lainnya seperti cabai, bawang, tomat, dan kentang dengan harga lebih murah dari harga pasar.

 “Kami juga menyediakan booth untuk bazaar produk pangan yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha, kelompok tani, dan UMKM untuk menjual berbagai produk pangan,” tambah Desi.

Kegiatan Gerakan Pangan Murah diharapkan dapat memberikan manfaat ganda kepada masyarakat, membantu mereka dalam menyambut Hari Raya Idul Adha, yang merupakan hari besar keagamaan nasional.

Desi berharap kegiatan ini dapat membantu mengurangi beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan menjelang hari raya.

Dengan adanya Gerakan Pangan Murah ini, Pemerintah Kota Banda Aceh berharap dapat terus menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan pokok di tengah masyarakat, sekaligus memberikan dukungan kepada pelaku usaha lokal untuk terus berkembang.

Kegiatan ini menjadi bukti nyata komitmen pemerintah dalam mendukung kesejahteraan masyarakat dan menjaga stabilitas ekonomi daerah.

Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat mengunjungi kantor DP2KP atau mengakses informasi melalui situs resmi Pemerintah Kota Banda Aceh.

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mendapatkan bahan pangan berkualitas dengan harga terjangkau. Segera datang dan manfaatkan Gerakan Pangan Murah yang digelar oleh Pemerintah Kota Banda Aceh.

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: