Headline

Mengintip Lebih Dalam Praktik Tambang Berkelanjutan SBA

×

Mengintip Lebih Dalam Praktik Tambang Berkelanjutan SBA

Sebarkan artikel ini
Mahasiswai Dari Ptsp Usk Dan Dmre Usm Sedang Berdiskusi Dengan Perwakilan Masyarakat Terkait Community Engagement Dan Good Mining Practice Di Udkp Kecamatan Lhoknga 15 Mei 2024
Mahasiswa/i dari PTSP USK dan DMRE USM sedang berdiskusi dengan perwakilan masyarakat terkait Community Engagement dan Good Mining Practice di UDKP Kecamatan Lhoknga, 15 Mei 2024.
Habanusantara.net– PT Solusi Bangun Andalas (SBA) tidak hanya membuka pintunya bagi para peserta International Summer School Program 2024 untuk melihat langsung area operasinya, tetapi juga berbagi ilmu dan praktik terbaik dalam menerapkan tambang berkelanjutan.
Kolaborasi ini menjadi wujud komitmen SBA dalam mendukung dunia pendidikan dan memajukan industri pertambangan yang bertanggung jawab.

Lebih dari Sekedar Kunjungan Industri

Kunjungan para peserta International Summer School Program 2024 ke SBA bukan sekadar tur biasa. Di bawah bimbingan para ahli di SBA, peserta diajak menyelami filosofi dan penerapan praktik tambang berkelanjutan secara mendalam.

Dimulai dari area konservasi karst gua Weung Dalam, peserta disuguhkan dengan contoh nyata bagaimana SBA melestarikan kekayaan alam di sekitar wilayah operasinya.

Perjalanan dilanjutkan ke area reklamasi pasca tambang. Di sini, para peserta melihat langsung bagaimana SBA mentransformasi bekas tambang menjadi lahan hijau yang produktif.

Upaya ini tidak hanya memulihkan ekosistem, tetapi juga membuka peluang ekonomi baru bagi masyarakat sekitar.

Tak berhenti di situ, peserta juga diajak menyusuri sungai untuk melihat langsung lokasi penanaman ribuan pohon mangrove yang ditanam oleh SBA.

Program reboisasi ini merupakan bagian dari komitmen SBA dalam menjaga kelestarian garis pantai dan ekosistem laut.

Seluruh Peserta International Summer School Program 2024 Berfoto Bersama Di Depan Rumah Pembibitan Plant Quarry Rehabilitation 14 Mei 2024
Seluruh Peserta International Summer School Program 2024 berfoto bersama di depan rumah pembibitan Plant Quarry Rehabilitation 14 Mei 2024

Belajar dari Para Ahli

Di sela-sela kunjungan, para peserta mendapatkan edukasi berharga tentang praktik pertambangan yang baik dan berkelanjutan dari para narasumber yang merupakan pakar di bidangnya.

Para narasumber ini berbagi pengalaman dan pengetahuan mereka tentang berbagai aspek tambang berkelanjutan, mulai dari perencanaan tambang yang ramah lingkungan, pengelolaan air dan limbah yang bertanggung jawab, hingga program pemberdayaan masyarakat yang efektif.

Salah satu narasumber, Mochamad Anwar Bakti, General Manager SBA, menjelaskan bahwa komitmen SBA terhadap tambang berkelanjutan bukan hanya slogan, tetapi diwujudkan dalam tindakan nyata.

“Kami memiliki tim khusus yang bertugas untuk memastikan bahwa semua kegiatan operasional SBA dilakukan dengan memperhatikan aspek lingkungan dan sosial. Kami juga secara berkala melakukan monitoring dan evaluasi untuk memastikan efektivitas program-program kami,” ujar Bakti.

Kontribusi Nyata Bagi Masa Depan

Upaya SBA dalam menerapkan tambang berkelanjutan tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat di sekitar, tetapi juga memberikan kontribusi nyata bagi masa depan industri pertambangan di Indonesia.

“SBA menunjukkan bahwa tambang berkelanjutan bukan hanya idealisme, tetapi juga dapat diimplementasikan secara nyata. Hal ini tentunya menjadi inspirasi bagi perusahaan tambang lainnya untuk mengikuti jejak SBA,” tutur Haqul Baramsyah, S.T., M.Eng.Sc., Dosen PSTP USK.

Melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk akademisi dan mahasiswa, SBA terus berupaya untuk meningkatkan standar praktik tambang berkelanjutan di Indonesia.

Dengan demikian, industri pertambangan dapat terus berkembang dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas tanpa mengorbankan kelestarian lingkungan.[*]

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: