ADVERTORIALPendidikan

Sinergi Pendidikan: Rakor MKKS SMK Aceh Dorong Inovasi dan Prestasi

×

Sinergi Pendidikan: Rakor MKKS SMK Aceh Dorong Inovasi dan Prestasi

Sebarkan artikel ini
Ketua MKKS SMK Provinsi Aceh, Baihaqi sedang membuka kegiatan Rakor MKKS SMK di Hotel SMKN 3 Banda Aceh.

Habanusantara.net – Rapat Koordinasi (Rakor) Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Provinsi Aceh menjadi panggung bagi pembahasan program-program dan kegiatan rutin seperti Lomba Kompetensi Siswa (LKS), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang akan menjadi sorotan khusus bagi siswa SMK pada tahun 2024 di 23 kabupaten/kota.

Rakor yang digelar pada tanggal 4-5 Maret 2024 di Hotel SMK Negeri 3 Banda Aceh ini dibuka oleh Plh Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Dr. Asbaruddin M.Eng, yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Pembinaan SMK. Hadir pula dalam acara ini Ketua MKKS SMK Aceh, Baihaqi M.Pd, serta Ketua MKKS SMK dari 23 kabupaten/kota.

Dr. Asbaruddin menyampaikan bahwa rakor ini menjadi wadah untuk merumuskan rencana kegiatan SMK di tahun 2024. “Kami berharap agar prestasi yang telah diraih pada tahun-tahun sebelumnya, terutama dalam lomba LKS, O2SN, dan FLS2N, dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan pada tahun ini,” ujarnya.

Beliau menekankan bahwa pada tahun sebelumnya, Aceh telah berhasil masuk lima besar dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat nasional.

“Kami berharap agar prestasi tersebut dapat dipertahankan dan ditingkatkan pada tahun 2024,” tambahnya.

Menurut Dr. Asbaruddin, tantangan terbesar tidak hanya bagi kepala sekolah dan para guru, tetapi juga bagi siswa sendiri.

“Siswa adalah objek utama dari kegiatan-kegiatan ini. Mereka akan menjalani seleksi ketat di tingkat kabupaten/kota sebelum dapat berkompetisi di tingkat provinsi,” ungkapnya.

Rakor MKKS SMK di Hotel SMKN 3 Banda Aceh

Ia juga menyoroti pentingnya persamaan persepsi dan pemahaman dalam mengelola pendidikan di Aceh. “Dengan satu persepsi dan pemahaman yang sama, kita dapat lebih efektif dalam mengidentifikasi serta menyelesaikan permasalahan di lapangan,” katanya.

Sementara itu, Ketua MKKS SMK Provinsi Aceh, Baihaqi, menekankan bahwa Rakor MKKS ini bukan hanya sekadar ajang silaturahmi, tetapi juga sebagai momen untuk memperkuat komunikasi antar sesama pengelola pendidikan. “MKKS merupakan garda terdepan dalam pengembangan pendidikan di Aceh,” katanya.

Baihaqi menambahkan bahwa dalam rakor dua hari ini, banyak masukan yang dapat menjadi bahan pertimbangan dalam merancang program dan kebijakan pendidikan di Aceh. “Kami membutuhkan pemikiran cerdas dari para Ketua MKKS untuk menghadapi setiap tantangan dengan bijaksana dan menemukan solusi yang tepat,” tambahnya.

Dia juga mengumumkan bahwa masa tugas Pengurus MKKS SMK Provinsi Aceh periode 2021-2023 akan diperpanjang hingga akhir Desember 2024, mengingat banyaknya kegiatan lomba dan acara penting dalam enam bulan mendatang. “Kami akan melanjutkan kepengurusan lama sementara sampai terpilihnya ketua baru pada musyawarah besar Kepala SMK se-Aceh menjelang akhir tahun 2024,” pungkasnya.[Adv]

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: