Headline

Forum Konkernas PWI Bahas Isu Advokasi Wartawan

×

Forum Konkernas PWI Bahas Isu Advokasi Wartawan

Sebarkan artikel ini
Delegasi PWI Aceh di forum Konkernas PWI di Candi Bentar Ancol, Minggu, 18 Februari 2024. (Foto Abdul Hadi/PWI Aceh)
Delegasi PWI Aceh di forum Konkernas PWI di Candi Bentar Ancol, Minggu, 18 Februari 2024. (Foto Abdul Hadi/PWI Aceh)

Habanusantara.net– Konferensi Kerja Nasional (Konkernas) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang digelar di Candi Bentar Ancol pada Minggu, 18 Februari 2024. menjadi panggung diskusi utama mengenai berbagai program penting sebagai tindak lanjut dari Kongres XXV yang diselenggarakan di Bandung pada 25-26 September 2023.

Acara Konkernas PWI ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024.

Melalui forum ini, berbagai program signifikan diputuskan, termasuk pembentukan Lembaga Konsultasi, Bantuan, dan Penegakan Hukum (LKBPH) PWI yang akan berbentuk badan hukum yayasan dan menjalin kerja sama dengan jaringan PWI di seluruh Indonesia.

“Salah satu fokus utama adalah memberikan advokasi dan pendampingan kepada wartawan anggota PWI dalam menghadapi sengketa pemberitaan pers, kepentingan organisasi PWI, serta sengketa antara wartawan dengan perusahaan pers,” ungkap Kamsul Hasan, Ketua Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan.

Pada Bidang Luar Negeri, PWI juga merumuskan rencana kunjungan ke luar negeri dalam Program PWI 2024-2028. Ini termasuk kunjungan ke Rumania, Italia, Vatikan, serta kunjungan balasan ke Journalists Association of Korea (JAK) di Seoul.

“Program ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama saling menguntungkan antara PWI dengan wartawan dan asosiasi wartawan di seluruh dunia, serta untuk meningkatkan kapasitas wartawan anggota PWI,” kata Ketua Bidang Luar Negeri PWI, Ninuk Pambudy, yang sebelumnya menjabat sebagai Pemred Kompas.

Di dalam Konkernas PWI, ditetapkan pula tuan rumah HPN untuk tahun 2025, 2026, dan 2027. Untuk HPN 2025, PWI Provinsi Riau dan PWI Kepulauan Riau sepakat menjadi tuan rumah. Namun, partisipan Konkernas berharap PWI Bali dan PWI Sulawesi Selatan juga mempersiapkan diri sebagai tuan rumah HPN 2025.

Ketua Bidang Organisasi, H. Zulmansyah Sekedang, menekankan kepada dua provinsi yang berminat serta dua provinsi yang telah ditunjuk sebagai tuan rumah dalam Konkernas agar segera berkoordinasi dengan kepala daerah dan pimpinan DPRD setempat untuk mendapatkan dukungan.

“Pada tahun 2025, HPN akan diselenggarakan di salah satu provinsi yang paling cepat mendapatkan dukungan dari Gubernur dan/atau DPRD Provinsi, yakni antara Riau, Kepulauan Riau, Bali, dan Sulawesi Selatan,” jelas Zulmansyah.

Untuk tahun 2026, PWI Aceh dan PWI Lampung bersaing sebagai tuan rumah HPN, sementara pada tahun 2027, PWI Banten menjadi satu-satunya daerah yang menyatakan kesiapannya sebagai tuan rumah HPN.

Sebelum Konkernas resmi dibuka oleh Ketua Umum PWI, Hendry Ch Bangun, dilakukan pengukuhan lengkap kepengurusan PWI Pusat periode 2023-2028, yang melibatkan 120 wartawan.

Komposisi kepengurusan ini terdiri dari sembilan wartawan di Dewan Kehormatan (DK), 14 orang di Dewan Penasehat (DP), dan 97 wartawan di kepengurusan harian, komisi, dan direktorat.[]

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close