BeritaDaerah

Pemkab Aceh Besar Gelar Maulid Nabi, Doa dan Zikir Tsunami

×

Pemkab Aceh Besar Gelar Maulid Nabi, Doa dan Zikir Tsunami

Sebarkan artikel ini
Pemkab Aceh Besar Gelar Maulid Nabi, Doa dan Zikir Tsunami. Foto: MC Aceh Besar

Habanusantara.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar melaksanakan Khanduri Maulid Nabi Muhammad SAW serta dilanjutkan dengan zikir dan doa dalam refleksi tsunami di Kota Jantho, Minggu 24 Desember 2023 kemarin.

Kegiatan itu dilakukan secara terpisah mulai bakda ashar hingga malam, diawali dari Gedung Utama Jantho Sport City (JSC) dan Masjid Almunawwarah di Kota Janho.

Kadis Syariat Islam Aceh Besar, Rusdi, kepada awak media mengatakan pelaksanaan maulid oleh jajaran Pemkab Aceh Besar itu diwarnai dengan dukungan 29 buah idang meulapeh (paket hidangan khanduri khas Aceh) yang disumbangkan oleh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Aceh Besar.

Selain itu juga ada tiga buah kuah beulangong sumbangan dari para camat, PDAM Tirta Montala dan manajemen Bank Aceh Cabang Kota Jantho. “Alhamdulillah, pelaksanaan khanduri maulid yang berlangsung bakda ashar di pelataran JSC diikuti oleh warga sekitar Kota Janho, jajaran Forkopimda dan OPD serta para camat di Aceh Besar berlangsung sukses,” ungkap Rusdi.

Ditambahkan, para warga yang ikut menikmati khanduri molod itu adalah warga gampong gampong di sekitar Kota Jantho yang diundang oleh pantia.

Selain itu, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto bersama istri turut serta makan khanduri bersama masyarakat Kota Jantho, usai membagikan puluhan santunan bagi masyarakat setempat.

Dalam tradisi Bu Rungkhom itu, semua peserta khanduri mencicipi makanan dari wadah yang sama, yaitu piring kaleng motif berbunga. Baik pejabat, rakyat atau bahkan anak anak makan di wadah yang sama, yang juga disajikan secara sekaligus.

Usai acara khanduri molod itu dilanjutkan bakda magrib berupa tausiyah singkat, zikir dan doa bakda magrib di Masjid Al Munawwarah yang juga Masjid Agung Aceh Besar yang dipimpin oleh Ustad Zamhuri Ramli.

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, didampingi Sekda Aceh Besar Drs. Sulaimi MSI dan Para Asisten Sekdakab Aceh Besar, para Kepala OPD dan Camat di lingkup pemerintah Kabupaten Aceh Besar mengikuti rangkaian acara, dimulai dari khanduri maulid hingga Zikir dan doa bersama dalam rangka peringatan Tsunami Aceh ke 19 yang dipimpin oleh Ustad Zamhuri Ramli, SQ, MA.

Acara zikir dan doa refleksi 19 tahun tsunami itu berlangsung antara waktu shalat magrib hingga isya, serta ditutup dengan makan malam yang juga berupa khanduri molod dari Dinas Syariat Islam serta Dinas Pangan Aceh Besar.

Makan malam berlangsung bakda isya, serta dilanjutkan dengan rapat internal Pj Bupati bersama jajaran sekitar 20 menit, untuk pembenahan pegelolaan Masjid Al Maunawwarah.

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: Maaf om