InternasionalNasionalOlahraga

Wow, Sudah 11 Negara Daftar Ikut Catur Internasional RKBN Medan

×

Wow, Sudah 11 Negara Daftar Ikut Catur Internasional RKBN Medan

Sebarkan artikel ini

Lima Grand Master

FM Arif Rahman Saragih (menghadap lensa) saat bertanding di kejuaraan internasional. Foto : Dok. Arif Rahman S.

Habanusantara.net, Medan – Hanya berbilang 10 hari lagi, Kota Medan bakal menjadi ajang pertemuan dan pertarungan paling bergengsi serta berkelas ratusan pecatur tangguh mulai non gelar, Master Nasional (MN), FIDE Master (FM), International Master (IM) dan Grand Master (GM) dari banyak negara di Asia hingga Eropa pada Kejuaraan Internasional Terbuka FIDE Ratings Rumah Kolaborasi Bobby Nasution (RKBN) ini.

Pasalnya, sudah ratusan pecatur dari 11 negara mendaftar dan menyatakan diri akan ambil bagian pada kejuaraan memperebutkan hadiah total 240 juta yang akan digelar di Grand Inna Hotel, Medan, Sumatera Utara, 4 – 10 Desember 2023.

Ketua Panitia Muhammad Asril melalui Ketua Bidang Pertandingan, Arif Rahman Saragih FM kepada posaceh.com, Jumat (24/11/2023) menyebutkan, mulai pecatur non gelar, MN, MF, MI hingga GM dari 11 negara sudah mendaftarkan diri.

Arif mengatakan, hingga Kamis (23/11/2023) tercatat sudah lima pecatur bergelar Grand Master dari Vietnam, Filipina, Banglades dan India yang sudah mendaftar dan menyatakan siap bertarung pada kejuaraan internasional berlebel “International Chess Championship” yang digagas RKBN ini.

Selain itu sebutnya, juga sudah lima  International Master, enam FIDE Master yang mendaftar. Saat ini 80 lebih pecatur yang sudah resmi mendaftar, berasal dari berbagai provinsi di Indonesia serta dari sejumlah negara Asia hingga Eropa.

Sesuai kebiasaan di berbagai kejuaraan, Ia memperkirakan menjelang 10 hari lagi pelaksanaan event ini, akan bertubi-tubi para pecatur yang mendaftar. “Kalau kategori  terbuka (open) dan challenger sudah mencapai kuota masing-masing 200 peserta, pendaftaran ditutup,” ujarnya.

Arif menyebutkan, untuk kategori open memberikan hadiah pemenang peringkat 1 hingga 20, kategori challenger peringkat 1 hingga 10. Untuk lebih jelas tentang informasi kejuaraan, rincian hadiah dan register buka https://www.rkbn-chess-internasional.com

Sebutnya, kejuaraan ini juga memberikan hadiah masing-masing peringkat 1 – 5  pemain terbaik putri, junior U-13 dan veteran U-55.  Juga mempertandingkan kategori catur blitz (kilat) yang memberikan hadiah bagi pemenang ranking 1 – 10.

Event FIDE Rate

Pihaknya juga mengundang tujuh pecatur bergelar Grand Master (GM) dari manca negara. Bagi pecatur bergelar GM,  International Master (IM), Women Grand Master (WGM), Women International Master (WIM) bebas atau gratis biaya pendaftaran.

Arif Rahman mengatakan, event catur internasional ini merupakan event FIDE Ratings sehingga semua peserta atau pecatur yang ikut kejuaraan ini memiliki FIDE Rate.

Karena itu, katanya, bagi pecatur yang ikut kejuaraan ini kesempatan menaikkan elo rating untuk mendapatkan norma gelar FM, IM bahkan norma GM.

Sangat Direspon Bobby Nasution

Disebutkannya, pagelaran event catur terbuka level internasional yang tercatat dan diakui badan dunia olahraga catur yakni FIDE ini sangat direspon dan didukung Walikota Medan, Bobby Nasution.

Katanya, Bobby Nasution sangat respek dan mendukung even catur internasional FIDE Ratings ini, karena Medan dan Sumatera Utara umumnya sangat dikenal sejak dari dulu dalam olahraga catur, gudangnya para pecatur tangguh Indonesia.

Oleh karena itu, melalui gelaran event catur internasional yang spektakuler di penghujung 2023 ini dapat menjadi motivasi membangkitkan kembali semangat dan prestasi dunia olahraga catur Kota Medan dan Sumatera Utara. (Sudirman Mansyur).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close