HeadlinePolitik

PPP Klaim Ganjar Pranowo Tetap Menang, Siapapun Cawapresnya

×

PPP Klaim Ganjar Pranowo Tetap Menang, Siapapun Cawapresnya

Sebarkan artikel ini

Habanusantara.net – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tetap mempertahankan keyakinan bahwa Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo akan keluar sebagai pemenang dalam Pemilihan Presiden 2024.

 

Keyakinan ini didasarkan pada sejumlah indikator yang mencakup elektabilitas Ganjar di antara Capres lainnya, ketokohan yang dimilikinya, dan kesiapan dalam menentukan Calon Wakil Presiden (Cawapres).

 

Ketua DPP PPP, Yunus Razak, dengan tegas menyatakan, “Siapapun itu Cawapresnya, tidak masalah. Kita tetap yakin, optimis menang,” seperti dilansir RM.id pada Senin (18/9/2023).

Yunus merujuk pada dua survei yang memperkuat pandangan PPP. Pertama, hasil survei dari Survei Mujani Research and Consulting (SMRC) yang menunjukkan bahwa pasangan Ganjar-Ridwan Kamil unggul dengan dukungan 35,4 persen, mengalahkan Prabowo-Erick yang mendapatkan 31,7 persen, dan Anies-Cak Imin di angka 16,5 persen. Survei ini dilakukan pada tanggal 5 September 2023, setelah deklarasi Anies-Cak Imin pada tanggal 2 September 2023

Survei kedua, yang menjadi rujukan Yunus, berasal dari lembaga riset internasional Ipsos Public Affairs. Survei ini menyatakan bahwa Capres Ganjar Pranowo unggul dengan 40,12 persen, mengatasi Prabowo Subianto yang mencapai 37,21 persen, dan Anies Baswedan dengan 22,67 persen. Survei ini dilakukan pada tanggal 22-27 Agustus 2023.

Yunus menekankan bahwa hasil survei ini baru sebagian kecil dari dukungan yang akan diberikan oleh partai-partai pengusung Ganjar seperti PDI Perjuangan (PDIP) dan PPP, serta partai pendukung seperti Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Hanura.

Ia juga menyebut banyaknya relawan yang mendukung Ganjar sebagai faktor penting dalam perjalanan politiknya.

Selain elektabilitas yang kuat, Yunus menggarisbawahi ketokohan Ganjar yang telah terbukti saat memimpin Provinsi Jawa Tengah.

Prestasinya dalam mengurangi angka kemiskinan dan stunting di wilayah tersebut menjadi salah satu faktor kunci keunggulannya.

Sementara PPP, sebagai partai Islam tertua yang berkompetisi dalam Pemilu 2024, melengkapi basis suara muslim seperti Nahdliyin dan kalangan santri. Yunus menjelaskan, “Jadi, tepat posisi kita ini. Ganjar masih oke.”

Mengenai arah dukungan dari partai lain, khususnya untuk Prabowo Subianto, Yunus mengatakan bahwa keputusan akhir ada pada masyarakat. Ia berharap Pemilu 2024 akan berlangsung dengan damai dan tanpa polarisasi yang menyakitkan seperti yang terjadi pada dua pesta demokrasi sebelumnya.

Yunus meyakini bahwa pendekatan polarisasi dengan politik identitas sudah tidak efektif lagi di mata masyarakat.

Masyarakat dianggapnya telah cerdas dalam memilih Capres dan Caleg yang memiliki ide dan gagasan yang baik.

Sebagai bagian dari upaya menjaring aspirasi masyarakat, PPP terus berusaha menyambut para pemilih muda, yang merupakan kelompok pemilih terbesar dalam Pemilu mendatang.

“PPP sendiri, meskipun partai Islam, kita mencoba lebih modern dan muda. Kita banyak menggunakan anak muda di pengurusan. Namun, tetap menghormati para sesepuh dan kiai,” pungkas Yunus[Rm.id]

Follow Berita Habanusantara.net lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close
error: